Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) dan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning) pada Materi Himpunan Kelas Vii Mts Al-Washliyah Sei Sentang

Hasibuan, Miftahul Jannah (2018) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Yang Diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) dan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning) pada Materi Himpunan Kelas Vii Mts Al-Washliyah Sei Sentang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER MIFTAHUL J HSB.pdf

Download (422kB)
[img] Text
BAB 1 pdf.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB 2 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (682kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 pdf.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (838kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 pdf.pdf

Download (631kB)
[img] Text
Daftar Pustaka pdf.pdf

Download (479kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran langsung pada materi Himpunan, 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada materi Himpunan, 3) perbedaan hasil belajar yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) dan model pembelajaran Langsung (Direct Learning) pada materi Himpunan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs Al-Washliyah Sei Sentang. Kelas VII-A dijadikan sebagai kelas kontrol dengan model pembelajaran langsung dan kelas VII-B sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran STAD masing-masing berjumlah 26 siswa. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan berganda berupa pre-test dan post-test yang berjumlah 20 buir soal. Uji Hipotesis pada penelitian ini menggunakan uji tuckey, hasilnya menunjukkan bahwa (1) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran (STAD) di kelas VII-B MTs Al-Washliyah Sei Sentang pada materi himpunan diperoleh nilai rata-rata post test sebesar 71,92.(2) Hasil belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Langsung di kelas VII-A MTs Al-Washliyah Sei Sentang pada materi himpunan diperoleh nilai rata-rata post test sebesar 59,42. (3)t hitung> ttabel yaitu 3,356 > 1,676 hal itu berarti Ha diterima dan HO ditolak. Maka kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). Dan Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning) Pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Al- Washliyah Sei Sentang.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions (STAD), Model Pembelajaran Langsung (Direct Learning)
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 03 Mar 2023 06:31
Last Modified: 03 Mar 2023 06:31
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17972

Actions (login required)

View Item View Item