Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Usia 4-5 Tahun pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Berandan Timur Kecamatan Babalan Pangkalan Berandan

Nurwansyah, Defriani (2021) Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Akhlak Anak Usia 4-5 Tahun pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Berandan Timur Kecamatan Babalan Pangkalan Berandan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER DEFRIANI NURWANSYAH.pdf

Download (568kB)
[img] Text
BAB I DEFRIANI NURWANSYAH.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB II DEFRIANI NURWANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (326kB)
[img] Text
BAB III DEFRIANI NURWANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (46kB)
[img] Text
BAB IV DEFRIANI NURWANSYAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (212kB)
[img] Text
BAB V DEFRIANI NURWANSYAH.pdf

Download (37kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA DEFRIANI NURWANSYAH.pdf

Download (769kB)

Abstract

Akhlak sangat perlu dibina yang mana pembinaan tersebut akan membawa hasil berupa terbentuknya pribadi muslim yang berakhlak mulia. Akhlak dan anak tidak terlepas dari orang tua. Oleh karena itu, diperlukan pola asuh yang tepat dari orang tua dalam membentuk akhlak anak. Permasalahan yang dikaji adalah bagaimana akhlak anak, pola asuh orang tua dalam membentuk akhlak anak, dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan akhlak anak. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Berandan Timur Kecamatan Babalan Pangkalan Berandan. Subjek penelitian orang tua yang bekerja sebagai ibu rumah tangga dan pedagang serta anak usia 4-5 tahun di Kelurahan Berandan Timur. Dengan perolehan data menggunakan metode kualitatif dari data yang dihasilkan melalui observasi, wawancara dan studi dokumen. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu : (1) Kondisi akhlak anak di Kelurahan Berandan Timur Kecamatan Babalan dalam pergaulan di rumah maupun di luar rumah yang mengkhawatirkan. (2) Pola asuh orang tua dalam pembentukan akhlak anak menerapkan pola asuh yang berbeda-beda sesuai dengan pengalaman dan wawasan orang tua. (3) Kendala yang dihadapi orang tua di Kelurahan Berandan Timur dalam membentuk akhlak anak ialah dari faktor empirisme.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.2 Pendidikan dasar (Play gorup, TK, SD)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Mar 2023 04:25
Last Modified: 02 Mar 2023 04:25
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17930

Actions (login required)

View Item View Item