Perbedaan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Matematika Realistik dan Problem Based Learning di Kelas X SMA Swasta Al-Hikmah.

Resti, Fauza (2021) Perbedaan Kemampuan Berfikir Kreatif dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Matematika Realistik dan Problem Based Learning di Kelas X SMA Swasta Al-Hikmah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER FAUZA RESTI.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB I FAUZA RESTI.pdf

Download (544kB)
[img] Text
BAB II FAUZA RESTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (658kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III FAUZA RESTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV FAUZA RESTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V FAUZA RESTI.pdf

Download (143kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA FAUZA RESTI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran Matematika Realistik dan Problem Based Learning di Kelas X SMA Swasta Al Hikmah. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimen (eksperimen semu). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Swasta Al hikmah T.P 2020/2021. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA 1 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik dan kelas X MIPA 2 sebagai kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based learning. Data diperoleh dari hasil tes. Instrumen tes berbentuk uraian, 4 butir soal tes kemampuan berfikir kreatif dan 4 butir soal tes kemampuan pemahaman konsep. Data dianalisis menggunakan analisis varian (ANAVA). Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, diperoleh: (1) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif dan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model Matematika Realistik dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. (2) Tidak terdapat perbedaan kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajar menggunakan model Matematika Realistik dengan siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran PBL. Kemampuan berfikir kreatif siswa yang diajar dengan model pembelajaran Matematika Realistik tidak lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model pembelajaran PBL. ( 3) Tidak terdapat perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Matematika Realistik dengan siswa yang diajar menggunakan model PBL.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Berfikir Kreatif, Kemampuan Pemahaman Konsep, Model Pembelajaran Matematika Realistik, Model Problem Based Learning.
Subjects: 500 Natural sciences and mathematics > 510 Mathematics
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:50
Last Modified: 27 Feb 2023 03:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17780

Actions (login required)

View Item View Item