Yusriani, Nida (2011) Kontribusi minat belajar dan persepsi siswa tentang manajemen pembelajaran guru terhadap hasil belajar agama Islam MAN. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
1. HALAMAN JUDUL.pdf Download (126kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK.pdf Download (18kB) | Preview |
|
|
Text
6. DAFTAR ISI, TABEL DAN GAMBAR.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II.pdf Download (354kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB III.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB IV.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
13. BAB V.pdf Download (17kB) | Preview |
|
|
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (48kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya kontribusi minat belajar (X1) dan persepsi siswa tentang manajemen pembelajaran guru (X2)terhadap hasil belajar agama Islam siswa (Y) pada MAN Kisaran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI-1 sampai XI-7 IPA dan XI IPS tahun ajaran 2010/2011 sebanyak 245 orang. Sampel diambil dari setiap jurusan untuk mewakili dari 2 kelas XI yaitu kelas XI-4 IPA dan XI-1 IPS sebanyak 73 orang, dari kelas XI-4 IPA terdiri 37 orang dan dari kelas XI-1 IPS terdiri 36 orang. Alat pengumpulan data menggunakan kuesioner berbentuk skala Likert (untuk variabel minat belajar dan persepsi siswa tentang manajemen pembelajaran guru) dan tes untuk variabel hasil belajar agama Islam siswa. Angket ini disusun berdasarkan indikator variabel dan diperiksakan ke pembimbing tesis, selanjutnya diujicobakan kepada 20 responden yang bukan merupakan sampel penelitian. Setelah diujicobakan instrumen variabel XI terdiri dari 30 item, 23 valid dan 7 item soal tidak valid dan variabel X2 terdiri dari 33 item, 25 valid dan 8 item soal tidak valid. Variabel Y menggunakan tes terdiri dari 30 item, 25 valid dan 5 item soal tidak valid. Uji persyaratan analisis data variabel XI, X2 dan Y diketahui berdistribusi normal sehingga dapat dilakukan pengujian linearitas dan hasil uji linearitas, ternyata regresi antara variabel X1 dengan Y dan X2 dengan Y juga linier dengan nilai P < 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, minat belajar agama siswa berhubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar agama islam siswa di MAN Kisaran. Pada uji hipotesis penelitian diperoleh korelasi X1 dengan Y sebesar 0,898 Kedua, persepsi siswa tentang manajemen pembelajara guru berhubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar agama Islam siswa di MAN Kisaran. Pada uji hipotesis penelitian diperoleh korelasi X2 dengan Y sebesar 0,716 Ketiga, minat belajar dan persepsi siswa tentang manajemen pembelajaran guru secara bersama-sama berhubungan positif dan signifikan dengan hasil belajar agama Islam siswa pada MAN Kisaran. Pada uji hipotesis penelitian, diperoleh korelasi X1 dan X2 secara bersama-sama dengan Y sebesar 0,813
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 22 Jun 2017 02:49 |
Last Modified: | 22 Jun 2017 02:49 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1758 |
Actions (login required)
View Item |