Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual dan kecerdasan Spiritual terhadap hasil belajar akidah akhlak pada siswa kelas VII MTS Nurul Hakim Percut Sei Tuan

Arroyan, Effendi (2015) Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual dan kecerdasan Spiritual terhadap hasil belajar akidah akhlak pada siswa kelas VII MTS Nurul Hakim Percut Sei Tuan. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis Arroyan CD.PDF.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh strategi pembelajaran kontekstual terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs Nurul Hakim Percut Sei Tuan. (2) Pengaruh strategi pembelajaran ekspositori terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs Nurul Hakim Percut Sei Tuan. (3) Pengaruh kecerdasan spiritual terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs Nurul Hakim Percut Sei Tuan. (4) Pengaruh Strategi pembelajaran dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa. (5) Terdapat atau tidaknya interaksi antara strategi pembelajaran kontekstual dan kecerdasan spiritual dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs Nurul Hakim Percut Sei Tuan. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan kuasi eksperimen menggunakan desain faktorial 2x2. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VII MTs Nuru Hakim Percut Sei Tuan Tahun Ajaran 2014/2015 yang terdiri dari 3 kelas dengan jumlah keseluruhan sebanyak 93 siswa. Kelas yang dijadikan sampel kelompok eksperimen adalah kelas VII-A berjumlah 31 orang dan kelas kontrol adalah kelas VII-C berjumlah 32 orang. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Data dikumpulkan dengan tes hasil belajar dalam bentuk pilihan berganda dan angket untuk kecerdasan spiritual dalam bentuk skala differensial semantik. Data yang terkumpul diolah secara statistik dengan menggunakan teknik analisis varians (anova) dua jalur dengan menggunakan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Strategi pembelajaran kontekstual berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs Nurul Hakim Percut Sei Tuan dengan memperoleh nilai rata-rata = 75,73. (2) Strategi pembelajaran ekspositori berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs Nurul Hakim Percut Sei Tuan dengan memperoleh nilai rata-rata = 67,00. (3) Kecerdasan spiritual tinggi dan kecerdasan spiritual rendah berpengaruh terhadap hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs Nurul Hakim Percut Sei Tuan dengan memperoleh nilai rata-rata kecerdasan spiritual tinggi = 71,75 dan nilai rata-rata kecerdasan spiritual rendah = 70,50. (4) Strategi pembelajaran dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama berpengaruh Pengaruh Strategi Pembelajaran Kontekstual dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Hasil Belajar Aqidah Akhlak pada Siswa Kelas VII MTs Nurul Hakim Percut Sei Tuan. ARROYAN EFFENDY 3 terhadap hasil belajar siswa dengan memperoleh nilai F hitung lebih besar dari F tabel (F hitung =8,80>F tabel =4,08). (5) Terdapat interaksi antara strategi pembelajaran kontekstual dan kecerdasan spiritualis dengan hasil belajar Akidah Akhlak siswa di MTs Nurul Hakim Percut Sei Tuan nilai F hitung lebih besar dari F tabel (F hitung =84,84>F tabel =4,08).

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 19 Jun 2017 07:30
Last Modified: 19 Jun 2017 07:30
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1737

Actions (login required)

View Item View Item