Implementasi pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (Smpit) Darul Azhar Aceh Tenggara

Sukri, Sukri (2013) Implementasi pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (Smpit) Darul Azhar Aceh Tenggara. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesisi Sukri.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan (menjelaskan) implementasi pendidikan karakter di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (SMPIT) Darul Azhar Aceh Tenggara, yang meliputi strategi pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran wajib, strategi pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran muatan lokal, strategi pengintegrasian nilai-nilai karakter dalam kegiatan pengembangan diri, strategi pengondisian pendidikan karakter, dan teknik penilaian pendidikan karakter. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan datanya adalah melalui hasil wawancara mendalam, observasi, dan kajian dokumen. Informan penelitian berjumlah 16 orang yang terdiri dari Ketua Yayasan, Kepala Sekolah, Guru, Tenaga Kependidikan, dan Orang Tua siswa. Untuk pemilihan informan dalam jumlah yang banyak (guru dan orang tua siswa) peneliti melakukannya dengan cara acak (random sampling), yang disesuaikan dengan tujuan penelitian. Teknik analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Sedangkan pemeriksaan keabsahan data dilakukan melalui derajat kepercayaan (credibility), keteralihan (transferability), kebergantungan (dependability), dan kepastian (confirmability). Temuan penelitian ini sebagai berikut: Pertama, implementasi nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran wajib di SMPIT Darul Azhar dengan cara memasukkan (menginternalisasikan) nilai-nilai karakter ke dalam tingkah laku peserta didik melalui proses pembelajaran pada setiap mata pelajaran wajib (PAI, PKn, Bahasa Indonesia, Matematika, IPS, IPA, Bahasa Inggris, dan Penjaskes). Kegiatan pembelajaran seperti ini bertujuan bukan hanya peserta didik mampu menguasai materi pelajaran, tetapi juga harus mampu mewujudkan nilai-nilai karakter dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Kedua, implementasi nilai-nilai karakter dalam mata pelajaran muatan lokal di SMPIT Darul Azhar dilakukan dengan cara memasukkan (menginternalisasikan) nilai-nilai karakter ke dalam tingkah laku peserta didik melalui proses pembelajaran pada mata pelajaran muatan lokal yaitu Al-Qur’an dan Bahasa Arab. Ketiga, implementasi nilai-nilai karakter dalam kegiatan pengembangan diri di SMPIT Darul Azhar dilakukan melalui kegiatan terprogram (bimbingan konseling dan ekstrakurikuler), dan kegiatan tidak terprogram (pembiasaan keteladanan, pembiasaan spontan, dan pembiasaan rutin). Keempat, pengondisian nilai-nilai karakter di SMPIT Darul Azhar dilakukan oleh kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan dengan menciptakan kondisi yang mendukung terlaksananya pendidikan karakter. Kelima, penilaian pendidikan karakter yang dilakukan oleh dewan guru dan tenaga pendidikan di SMPIT Darul Azhar adalah dalam bentuk observasi dan anecdotal record.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 14 Jun 2017 07:06
Last Modified: 14 Jun 2017 07:06
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1731

Actions (login required)

View Item View Item