Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Dolok Maraja Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun

Faradilla, Fauzia (2022) Analisis Dampak Pembangunan Jalan Tol Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Dolok Maraja Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
(1) Cover Skripsi Fauzia Faradilla PMI.pdf

Download (377kB)
[img] Text
(2) Bab 1 Skripsi Fauzia Faradilla.pdf

Download (223kB)
[img] Text
(3) Bab 2 Skripsi Fauzia Faradilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (305kB) | Request a copy
[img] Text
(4) Bab 3 Skripsi Fauzia Faradilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB) | Request a copy
[img] Text
(5) Bab 4 Skripsi Fauzia Faradilla.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (210kB) | Request a copy
[img] Text
(6) Bab 5 Skripsi Fauzia Faradilla.pdf

Download (104kB)
[img] Text
(7) Daftar Pustaka Skripsi Fauzia Faradilla.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Dampak Pembangunan Jalan Tol Terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Dolok Maraja. Penelitian ini dilakukan pada Pembangunan Jalan Tol Serbelawan-Pematangsiantar yang berada di Desa Dolok Maraja Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun. bagaimana proses ganti rugi lahan masyarakat Desa Dolok Maraja yang terkena dampak pembangunan jalan tol, penyerapan tenaga kerja pembangunan jalan tol terhadap masyarakat desa dan kondisi kesejahteraan ekonomi masyarakat desa dengan adanya pembangunan jalan tol. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Teknik pengujian keabsahan data menguunakan trianggulasi dengan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik, trianggulasi waktu. Hasil penelitian ini bahwa Pembangunan jalan tol yang melintasi Desa Dolok Maraja lebih banyak memberilkan dampak negatif ataupun keresahan dari masyarakat desa. Dalam hal pembebasan lahan terjadi ketidaksesuaian dengan perjanjian harga diawal, dan juga proses pencairan dana pembebasan lahan yang tidak tepat waktu Pada sistem perekrutan tenaga kerja jalan tol yang lebih banyak mendatangkan para tenaga kerja dari luar daerah daripada masyarakat desa itu sendiri dengan dalih bahwa masyarakat Desa Dolok Maraja yang tidak ahli dalam bidangnya. Dan banyak masyarakat Desa Dolok Maraja yang tidak merasakan kesejahteraan namun juga harus ikut merasakan kerusakan lingkungan yang dapat menghambat aktivitas sehari-hari.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dampak Pembangunan Jalan Tol, Kesejahteraan Masyarakat, Dolok Maraja Tapian Dolok Simalungun.
Subjects: 300 Social sciences > 360 Social services; association
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 01 Feb 2023 04:17
Last Modified: 01 Feb 2023 04:17
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/17210

Actions (login required)

View Item View Item