Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan di SMA/MA

Parapat, Ernita Jahara (2022) Pengembangan LKPD Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan di SMA/MA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (438kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (761kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (308kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuannya untuk pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning materi sistem pernapasan yang layak, efektif, serta praktis guna membantu peserta didik dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan pendekatan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara, angket, lembar validasi dan tes. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif bertujuan untuk melihat tingkat kelayakan, kepraktisan dan keefektifan. Sementara itu, analisis kualitatif untuk mengetahui komentar, kritik, saran dan hasil observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan valid & layak diterapkan dengan persentase 82% (Ahli media). 100% (Ahli materi) dan 100% (Ahli bahasa), selain itu LKPD dinyatakan praktis dilihat dari tercapainya lembar respon guru dengan rat-rata 90,91% dan lembar respon siswa dengan rata-rata 93%. LKPD juga dinyatakan efektif dilihat dari ketercapaian ketuntasan hasil N-Gain score sebesar 0,76 dengan kategori tinggi. Berdasarkan hasil diatas ditarik kesimpulan bahwa LKPD berbasis Problem Based Learning yang telah dikembangkan dinyatakan layak, praktis dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. LKPD yang dikembangkan dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dan guru dapat menggunakan LKPD sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, Problem Based Learning, Sistem Pernapasan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 20 Dec 2022 02:16
Last Modified: 20 Dec 2022 02:16
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16644

Actions (login required)

View Item View Item