Masganti, Sit and Assingkily, Muhammad Shaleh (2021) Persepsi Guru tentang Social Distancing pada Pendidikan AUD Era New Normal. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2). pp. 1009-1023. ISSN 2549-8959 (Online) 2356-1327 (Print)
Text
756-3999-1-PB.pdf Download (541kB) |
Abstract
Social Distancing dan pembelajaran jarak jauh menjadi hal familiar sejak pandemi covid-19. Begitupun, sistem pembelajaran era new normal mulai dikondisikan dengan mengikut kebijakan pada tiap-tiap daerah, terutama bagi anak usia dini. Tulisan ini bertujuan menganalisa persepsi guru tentang social distancing dan pola pembelajaran yang diterapkan pada PAUD era new normal di RA/TK Kab. Aceh Tenggara. Penelitian kualitatif dengan metode field research dipilih dalam tulisan ini untuk mengungkap data dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumen. Berdasarkan penelitian ini, ditemukan bahwa (1) guru memandang bahwa social distancing adalah pembatasan jarak sosial sementara karena pandemi, untuk itu pendidikan pada AUD di RA/TK Kab. Aceh Tenggara mengalami 3 kali transisi pola, mulai dari via WhatsApp Group (WAG), belajar kunjungan dan sistem bergilir; dan (2) platform social distancing pada PAUD di era new normal meliputi aspek pembelajaran, penugasan dan penilaian.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | new normal; paud; persepsi guru; social distancing |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1) |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 12 Dec 2022 04:28 |
Last Modified: | 12 Dec 2022 04:28 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16556 |
Actions (login required)
View Item |