Qira’at Al-Qur’an Menurut Imam Ashim (Studi terhadap manuskrip Hisn al-Qari Ulakan Sumatera Barat) pada surah al-Fatihah

Alamsyah, Randy Putra (2022) Qira’at Al-Qur’an Menurut Imam Ashim (Studi terhadap manuskrip Hisn al-Qari Ulakan Sumatera Barat) pada surah al-Fatihah. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover Randy

Download (3MB)
[img] Text
BAB I RANDY

Download (624kB)
[img] Text
BAB II RANDY
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB III RANDY
Restricted to Repository staff only

Download (815kB)
[img] Text
BAB IV RANDY
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V RANDY

Download (707kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA RANDY.pdf

Download (1MB)

Abstract

Qira’at Al-Qur’an adalah suatu disiplin ilmu yang mempelajari suatu mazhab bacaan Al- Qur’an. Dalam penelitian ini peneliti mencoba untuk memaparkan tentang qiraat imam Ashim melalui manuskrip Hisn al-Qari Ulakan Sumatera Barat. Yang mana manuskrip ini berisi tentang tiga puluh pasal tentang tajwid dan tata cara membaca Al-Fatihah yang baik dan benar berdasarkan mazhab qiraat imam Ashim. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan isi dari manuskrip hisn al-Qari Ulakan Sumatera Barat dan menjelaskan tentang tata cara yang benar dalam memabaca surah Al-Fatihah. Adapun metodologi yang digunakan adalah menggunakan penelitian kepustakaan dan teknik analisis dari data yang diperoleh dari buku-buku yang berkaitan dengan objek penelitian. Adapun sumber data primer yang digunakan adalah kitab Hisn al-Qari Ulakan Sumatera Barat, sedangkan sumber skunder bersumber dari berbagai literatur, buku, situs website dan sumber lainnya yang berkaitan dengan penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan Filologi atau kajian manuskrip yang mana kitab Hisn al-Qari sebagai rujukan utamanya. Penelitian ini menemukan bahwa manuskrip membahas tiga bagian utama a. Tajwid, b.Tajwid al-Fatihah, c.fikih. Temuan lainnya peneliti menemukan isi dari manuskrip Hisn al-Qari membahas tentang qiraat menurut imam Ashim dan pada manuskrip juga ditemukan tentang tata cara yang baik dalam membaca al-Fatihah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X1 AL QURAN DAN ILMU TERKAIT > 2X1.3 Tafsir Al-Quran
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam > Ilmu Al-quran dan Tafsir > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Nov 2022 04:27
Last Modified: 08 Nov 2022 04:27
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16252

Actions (login required)

View Item View Item