Ikbal, Muhammad (2014) Tujuan pendidikan dalam surah Al-Furqan ayat 63-77. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.
|
Text
1. COVER TESIS.pdf Download (16kB) | Preview |
|
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (328kB) | Preview |
|
|
Text
3. daftar isi.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I Pendahuluan.pdf Download (740kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II Tujuan Hidup dan Tujuan Pendidikan.pdf Download (923kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III Seputar Surah al-Furqan.pdf Download (858kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV Tujuan Pendidikan dalam al-Qur'an.pdf Download (903kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V kesimpulan & daftar pustaka.pdf Download (220kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pendidikan menurut Alquran khususnya pada surah al-Furqan ayat 63-77, yang secara lebih rinci bertujuan untuk mengidentifikasi rumusan tujuan pendidikan yang berkaitan dengan tujuan pendidikan jasmanai, pendidikan ruhani, pendidikan akal dan pendidikan sosial yang diinginkan dalam surah tersebut. Penelitian ini adalah studi kepustakaan dengan data pokok dan data sekunder bersumber dari Alquran, kitab-kitab tafsir, hadis serta beberapa pendapat ahli pendidikan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ilmu Tafsir dan pendekatan sintetik analitik dengan menggunakan Manhaj Tahlili (Metode Analitis), yakni pengolahan data dengan cara mendeskripsikan beberapa gagasan atau pemikiran Mufassir, kemudian dikategorisasikan (dikelompokkan) dengan data yang sejenis, dan dianalisa isinya secara kritis guna mendapatkan formulasi yang konkret dan memadai, sehingga pada akhirnya dijadikan sebagai langkah dalam mengambil kesimpulan sebagai jawaban dari rumusan masalah yang ada. Alquran menggunakan beberapa istilah yang merujuk pada satu pengertian tentang identifikasi manusia seperti Basyar dalam arti fisik biologis manusia, al- Insan yang menitikberatkan pada nilai kemanusiaannya, serta kata Bani Adam yang bermakna generasi yang dibangun dari nabi Adam as. yang sama-sama memiliki harkat dan martabat kemanusiaan yang universal. Hal ini berimplikasi bahwa interaksi pendidikan yang ditawarkan harus mampu menyentuh perkembangan potensi biologis (fisik) dan psikis peserta didik, dan juga aspek kehidupan sosial peserta didik. Dari hasil kajian ini ditemukan bahwa tujuan pendidikan meliputi hal-hal berikut ini : 1)Tujuan Pendidikan Jismiyah, yang ditunjukkan dengan penampilan yang bersih dan sehat, fisik yang kuat dan terlatih. (2) Tujuan Pendidikan Ruhiyah, yaitu membentuk pribadi yang berakhlak mulia, memantapkan aspek akidah, dan menanamkan konsistensi pengamalan syariat agama. (3) Tujuan Pendidikan Aqliyah, yaitu membentuk pribadi yang terbuka terhadap kebenaran dan perkembangan ilmu pengetahuan, dan mengasah nalar dan kepekaan trhadap fenomena alam dan sosial. (4) Tujuan Pendidikan Sosial, yaitu membentuk pribadi yang bermanfaat, dan me ningkatkan kualitas kesalehan keluarga dan masyarakat.
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mr. Imran Benawi |
Date Deposited: | 26 May 2017 04:37 |
Last Modified: | 26 May 2017 04:37 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1624 |
Actions (login required)
View Item |