Afifah, Nurul and Ahkas, Akmal Walad (2022) Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Arab melalui Penggunaan Media Power Point. Jurnal Basicedu : Jurnal of Elementary Education, 6 (5). 8061 -8068. ISSN P-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147
Text
Naskah Artikel Jurnal Nurul Afifah.pdf Download (482kB) |
Abstract
Media pembelajaran Power Point merupakan salah dari sekian banyak media dalam pembelajaran. Power Point dapat menjadi salah satu pilihan guru untuk menyampaikan pembelajaran bahasa arab agar lebih maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa secara kognitif pada pembelajaran bahasa arab materi “hiwayatu” melalui penggunaan media power point pada siswa kelas X Keagamaan Madrasah Aliyah Negeri 1 Deli Serdang. Penelitian ini didasarkan pada rendahnya hasil evaluasi siswa dalam pembelajaran bahasa arab materi “hiwayatun”, berdasarkan hipotesis peneliti salah satu penyebabnya adalah kuranng mampunya guru memilih media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian diperoleh dengan metode observasi, dan tes yang diberikan oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan, dapat dilihat dari rata-rata kelas yang diperoleh pada siklus I yaitu sebesar 76.4 dengan ketuntasan 62.5%, kemudian pada siklus II rata-rata kelas yang diperoleh sebesar 89.3 dengan ketuntasan sebesar 91%. Berdasarkan perbandingan kedua siklus dapat dilihat terjadi peningkatan sebesar 28.5%. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan menggunakan media power point dalam pembelajaran bahasa arab mampu meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Keagamaan Madrasah Aliyah.
Jenis Item: | Artikel |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media, Power Point, Hasil Belajar. |
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Artikel (Jurnal, Koran, Majalah) |
Pengguna yang mendeposit: | Ms Nurul Hidayah Siregar |
Date Deposited: | 03 Nov 2022 04:01 |
Last Modified: | 03 Nov 2022 04:01 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16173 |
Actions (login required)
View Item |