Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Di MAS Al-Jamiyyatul Washliyah Tembung Deli Serdang

Sitompul, Sity Hasyanah (2022) Implementasi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektivitas Pendidikan Di MAS Al-Jamiyyatul Washliyah Tembung Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Cover (Skripsi Sity Hasyanah Sitompul).pdf

Download (542kB)
[img] Text
BAB I (Skripsi Sity Hasyanah Sitompul_MPI).pdf

Download (455kB)
[img] Text
BAB II (Skripsi Sity Hasyanah Sitompul_MPI) (5).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (817kB)
[img] Text
BAB III (Skripsi Sity Hasyanah Sitompul _MPI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (518kB)
[img] Text
BAB IV (Skripsi Sity Hasyanah Sitompul_MPI).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V (Skripsi Sity hasyanah Sitompul_MPI).pdf

Download (244kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA & LAMPIRAN (Skripsi Sity Hasyanah Sitompul_MPI).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MAS Al-Jamiyyatul Washliyah Tembung Deli Serdang dengan tujuan untuk mengetahui 1) untuk mengetahui penerapan manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pendidikan di MAS Al- Jam’iyyatul Washliyah Tembung Deli Serdang, 2) untuk mengetahui efektivitas pendidikan di MAS Al-Jam’iyyatul Washliyah Tembung Deli Serdang, 3) untuk mengetahui peran guru dalam pengimplementasian manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pendidikan di MAS Al-Jam’iyyatul Washliyah Tembung Deli Serdang, 4) untuk mengetahui Implementasi Manajemen Kelas dalam Meningkatkan efektivitas pendidikan di MAS Al-Jam’iyyatul Washliyah Tembung Deli Serdang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, Teknik pengumpulan data pada penelitian ini ialah Observasi wawancara terstruktur, dan studi dokumentasi. Peneliti melakukan analisis data dengan teknik analisis data Miles and Huberman. Selanjutnya peneliti melakukan pengujian keabsahan data menggunakan Uji Credibility (Uji Kredibilitas) yaitu triangulasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: 1) Penerapan manajemen kelas yang dilaksanakan di madrasah berfokus pada perencanaan yang telah dibuat, 2) Efektivitas pendidikan di madrasah cukup baik, dan masih memerlukan perbaikan pada pelaksanaannya, 3) Peran guru dalam meningkatkan efektivitas pendidikan di madrasah membuat siswa belajar dengan konsentrasi, memiliki kedisiplinan, mengkondisikan keadaan dan kesiapan siswa, mengenali setiap karakter siswa, pengaturan tempat duduk, dan mempersiapkan perangkat pembelajaran dengan baik agar proses pembelajaran dapat terlaksana dan materi yang disampaikan dapat dipahami oleh siswa, 4) Implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pendidikan di MAS Al-Jamiyyatul Washliyah Tembung Deli serdangyaitu berdasarkan indikator manajemen kelas dengan unsur fisik dan unsur non-fisik. Walaupun masih ada beberapa hal yang peneliti rasa perlu ditingkatkan lagi terutama dalam Implementasi manajemen kelas dalam meningkatkan efektivitas pendidikan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kelas, Efektivitas Pendidikan.
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 31 Oct 2022 04:49
Last Modified: 31 Oct 2022 04:49
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/16127

Actions (login required)

View Item View Item