Penggunaan media pembelajaran information and communication stechnology dan kemampuan komunikasi mengajar guru dalam peningkatan hasil belajar pendidikan Agama Islam aspek akidah akhlak di kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Berandan Kab. Langkat

Siagian, Nur Rahmat Afrino Syahban (2016) Penggunaan media pembelajaran information and communication stechnology dan kemampuan komunikasi mengajar guru dalam peningkatan hasil belajar pendidikan Agama Islam aspek akidah akhlak di kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Berandan Kab. Langkat. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
THESIS.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (a) Untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran agama Islam sebelum menggunakan media pembelajaran Information And Communications Technology (ICT) di kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Berandan Tahun Ajaran 2013/2014, (b) Untuk mengetahui hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran agama Islam setelah menggunakan media pembelajaran Information And Communications Technology (ICT) di kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Berandan, (c) Untuk mengetahui penggunaan Information And Communications Technology (ICT) sebagai media pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Berandan selama pembelajaran berlangsung, (d) Untuk mengetahui kemampuan komunikasi guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Berandan, (e) Untuk mengetahui aktivitas guru berkomunikasi dengan siswa selama proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Berandan. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Berandan yang berjumlah 40 orang siswa. data yang diperlukan diperoleh dengan menggunakan tes yang berbentuk pilihan ganda yang dilakukan sebanyak 2 kali. Tes hasil belajar I diberikan setelah tindakan I, tes hasil belajar II diberikan setelah tindakan II. Hasil belajar pendidikan agama Islam dari tes awal ketuntasan klasikal diperoleh 45% (18 siswa). Hasil belajar siswa pada siklus I setelah menggunakan ICT persentase ketuntasan yaitu 80% (32 siswa). Setelah pemberian tindakan pengajaran melalui media pembelajaran Information and Communications Technology (ICT), hasil belajar siswa pada siklus II memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 100% atau 40 orang. Aktivitas mengajar guru pada siklus I baik dengan nilai rata-rata 3,23 dan pada siklus II sangat baik dengan nilai rata-rata 3,66. Kemampuan komunikasi guru pada siklus I berjalan baik dan efektif dengan nilai ratarata 2,4. Dan pada siklus II kemampuan komunikasi guru dengan nilai rata-rata 2,9. Dengan melihat persentase klasikal telah mencapai > 85%, maka kelas ini dapat dinyatakan tuntas secara klasikal. Karena itu, media pembelajaran Information and Communications Technology (ICT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi akidah akhlak di kelas VIII SMP Negeri 1 Pangkalan Berandan Kab. Langkat.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 18 May 2017 08:36
Last Modified: 18 May 2017 08:36
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1607

Actions (login required)

View Item View Item