Penerapan srategi pembelajaran guided note taking dan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits Bidang Ilmu Tajwid Kelas VIII Semester II Madrasah Tsanawiyah Swasta Cerdas Murni Tembung”.

Hawai, Zaddatun (2012) Penerapan srategi pembelajaran guided note taking dan peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits Bidang Ilmu Tajwid Kelas VIII Semester II Madrasah Tsanawiyah Swasta Cerdas Murni Tembung”. Masters thesis, Pascasarjana UIN Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Tesis.Zaddatun Hawai.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking (GNT) dan Peta Konsep dalam mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits bidang Ilmu Tajwid pada Kelas VIII-2 Madrasah Tsanawiyah Cerdas Murni Tembung; (2) penerapan strategi pembelajaran GNT dan Peta Konsep untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik, dan (3) untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran GNT dan Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran tersebut. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas VIII-2 MTs Cerdas Murni Tembung sebanyak 27 orang. Instrumen pengumpul data terdiri atas: observasi, penugasan, tes lisan dan tes tertulis pilihan berganda. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif disajikan dalam bentuk prosentase, tabel dan diagram. Analisis kualitatif disajikan secara deskriptif. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus. Hasil belajar peserta didik sebelum penerapan strategi GNT dan Peta Konsep terhadap mata pelajaran Al-Qur’an-Hadits bidang Ilmu Tajwid masih rendah, hanya 14,8% di antara peserta didik yang mencapai hasil belajar tuntas. Berbeda halnya setelah penerapan strategi GNT dan Peta Konsep yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Setiap siklus memperlihatkan kemajuan hasil belajar yang semakin meningkat. Pada siklus I rata-rata peserta didik memperoleh nilai 72, terdiri atas 22,2% memperoleh nilai tuntas atau di atas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) ≥75, dan 77,8% masih belum tuntas (< 75). Hasil ini meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata kelas 76; terdiri atas 66,7% tuntas dan hanya 33,3% yang masih belum tuntas. Pada siklus III hasil belajar peserta didik seluruhnya tuntas dalam rentangan nilai 75 – 95. Keberhasilan strategi ini dalam meningkatkan hasil belajar, seiring dengan keberhasilannya dalam meningkatkan keaktifan belajar peserta didik, dan membangkitkan respon postif peserta didik selama pelaksanaan pembelajaran berlangung dengan antusiasme yang tinggi, kreatifitas, partisipasi dan kerjasama peserta didik dalam belajar.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam
2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.33 Tingkat stanawiyah dan ‘aliyah
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Pengguna yang mendeposit: Mr. Imran Benawi
Date Deposited: 10 May 2017 07:29
Last Modified: 10 May 2017 07:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/1592

Actions (login required)

View Item View Item