Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Aliyah Swasta Kota Gunungsitoli

Telaumbanua, Nuril Meylani (2022) Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Siswa Madrasah Aliyah Swasta Kota Gunungsitoli. Masters thesis, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
TESIS LENGKAP NURIL_compressed.pdf

Download (917kB)

Abstract

Permasalahan penelitian ini adalah hasil belajar bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam siswa Madrasah Aliyah Swasta Kota Gunungsitoli masih belum maksimal dan belum memuaskan. Pada tahun ajaran 2019/2020 rata-rata hasil belajar 76,32, dan pada tahun ajaran 2020/2021 rata-rata hasil belajar 76, 25. Perolehan rata-rata hasil belajar ini di bawah kategori kriteria ketuntasan minimal (KKM) mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yaitu 80,00. Fenomena di atas menarik untuk diteliti agar akar permasalahan dapat ditemukan secafra ilmiah dan bertanggung jawab. Untuk melihat fenomena di atas maka peneliti menggunakan metode quasi-eksperimen. Metode ini dipilih karena kelas yang dipakai untuk perlakuan baik untuk kelas pembelajaran dengan cooperative integrated reading and composition (CIRC) maupun kelas pembelajaran ekspositori merupakan kelas yang sudah terbentuk sebelumnya dan karakteristik siswa yang dikontrol adalah kemandirian belajar. Adapun temuan yang peneliti peroleh adalah bahwa metode yang selama ini digunakan oleh guru dalam pembelajaran bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam sangat monoton dan sama sekali tidak ada variasi. Setelah mencoba metode quasi- eksperimen ternyata rata-rata hasil belajar meningkat. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa metode quasi-eksperimen tepat digunakan dalam pembelajaran bidang studi Sejarah Kebudayaan Islam meskipun demikian, peneliti tidak menafikan metode-metode lainnya.

Jenis Item: Skripsi (Masters)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Program Pasca Sarjana > Program Magister > Thesis Master
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 08 Sep 2022 05:23
Last Modified: 08 Sep 2022 05:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15799

Actions (login required)

View Item View Item