Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V SDN 095220 Kecamatan Ujung Padang

Sibuea, Phebe Abiyola Ramadhanty (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan Kelas V SDN 095220 Kecamatan Ujung Padang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
PHEBE ABIYOLA RAMADHANTY SIBUEA BENAR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran cooperative tipe group investigation pada pelajaran Matematika materi pecahan 2) Untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative tipe group investigation pada pelajaran Matematika materi pecahan 3) Untuk mengetahui respon siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe group investigation pada pelajaran Matematika materi pecahan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan langkah perencanaan, tindakan, observasi, refleksi, yang menggunakan beberapa tahapan siklus yaitu Siklus I dan Siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 095220 Kecamatan Ujung Padang dengan jumlah 22 siswa. Pengumpulan data penelitian ini adalah menggunakan tes, observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif persentase. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan model kooperatif tipe Group Investigation (GI) dengan ketuntasan klasikal 22,72% dengan jumlah siswa yang tuntas mencapai KKM adalah 5 siswa. 2) Pada siklus I dimana hasil belajar dengan ketuntasan klasikal siswa 50% dengan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 11 siswa. Dan pada siklus II terlihat hasil ketuntasan klasikal siswa 81,81% dengan jumlah siswa yang tuntas 18 siswa. 3) Dilihat dari antusias peserta didik dalam pembelajaran, siswa aktif dan senang dengan diterapkannya model pembelajaran ini. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) mengalami peningkatan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif tipe GI (Group Investigation), Hasil Belajar Matematika
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 30 Aug 2022 08:19
Last Modified: 30 Aug 2022 08:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15594

Actions (login required)

View Item View Item