Analisis Hambatan Yang Dihadapi Oleh Guru BK Dalam Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Di MAN 1 Medan

Ginting, Reza Anugrah Bastanta (2021) Analisis Hambatan Yang Dihadapi Oleh Guru BK Dalam Pelaksanaan Layanan Konseling Kelompok Di MAN 1 Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
SKRIPSI_REZA_ANUGRAH_BASTANTA_GINTING_ST._2017-2[1].pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Untuk mengetahui cara pelaksanaan layanan konseling kelompok, (2) Untuk mengetahui cara pelaksanaan layanan konseling kelompok, (3) Untuk mengetahui upaya guru BK untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanakan layanan konseling kelompok di MAN 1 Medan. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode triangulasi dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah mereduksi data, penyajian data, dan memberi kesimpulan. Setelah penelitian dilakukan diperoleh hasil bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok yang dilakukan oleh guru bimbingan dan konseling di MAN 1 Medan sudah berjalan dengan baik dan sesuai prosedur atau tahap-tahap pelaksanaan layanan konseling kelompok. Hamabatan yang ditemui dalam pelaksanaan layanan konseling kelompok yaitu komunikasi antara peminpin kelompok dan anggota kelompok, saran dan prasarana, kerjasama antara wali kelas dan guru mata pelajaran, dan siswa. Upaya guru bimbingan dan konseling mengatasi hamabatan tersebut dengan cara melakukan pelatihan layanan bimbingan dan konseling khususnya dalam layanan konseling kelompok. Selanjutnya membangun pendekatan dengan siswa dan membangun kerjasama dengan wali kelas dan juga guru mata pelajaran maupun kepala Madrasah.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hambatan, Layanan Konseling Kelompok
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Aug 2022 08:33
Last Modified: 26 Aug 2022 08:33
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15545

Actions (login required)

View Item View Item