Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-jenis Pekerjaan Dikelas IV Madrisatul Ikbar Tembung

Rambe, Lila Aisyah (2021) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Materi Jenis-jenis Pekerjaan Dikelas IV Madrisatul Ikbar Tembung. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi Lila.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil belajar IPS tanpa menggunakan metode pembelajaran snowball throwing pada materi jenis-jenis pekerjaandi kelas IV MIS Madrisatul Ikbar Tembung2) hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball throwingterhadap siswa kelas IV pada materi Jenis Jenis Pekerjaan di MIS Madrisatul Ikbar Tembung 3) pengaruh model pembelajaran Snowball Throwing dengan hasil belajar siswa pada materi jenis-jenis pekerjaan di kelas IV MIS Madrisatul Ikbar Tembung. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian quasi eksperimen dengan sampel pada penelitian ini yakni kelas IV-A sebagai kelas eksperimen yang diajarkan dengan model pembelajaran Snowball Throwing dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol yang diajarkan dengan metode konvensional. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas IV MIS Madrisatul Ikbar Tembung menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran snowball Throwing terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Hal ini dapat dilihat berdasarkan rata-rata dari hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran snowball Throwing adalah 82,4 sedangkan hasil belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvensional adalah 68,4. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig.(2.Failed) 0,000 < 0,05.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Snowball Throwing, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 18 Aug 2022 08:43
Last Modified: 18 Aug 2022 08:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15268

Actions (login required)

View Item View Item