Adawiyah, Rabiatun (2018) Pengaruh Strategi Pembelajaran Kolaboratif Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Sekolah Dasar Negeri 057212 Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Text
TESIS RABIATUN ADAWIYAH.pdf Download (1MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif dan hasil belajar kelompok siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kompetitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) perbedaan hasil belajar Pendidikan Agama Islam antara kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan kelompok siswa yang memiliki motivasi belajar rendah, dan (3) interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas V SDN 057212 Kecamatan Hinai Kabupaten Langkat tahun pelajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 (dua). Sampel penelitian ditetapkan satu kelas sebagai kelas pembelajaran kolaboratif dan satu kelas pembelajaran kompetitif. Teknik penarikan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Instrumen penelitian adalah tes dan angket. Tes digunakan untuk mendapatkan data hasil belajar sedangkan angket digunakan untuk melihat karakteristik motivasi belajar siswa.Uji normalitas dengan uji Liliefors sedangkan uji homogenitas dengan uji Fisher dan uji Bartlett. Teknik analisis adalah Anava dua jalur pada taraf signifikansi = 0,05 yang dilanjutkan dengan uji Scheffe. Hasil penelitian menunjukkan: (1) rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kolaboratif X = 28,14 lebih tinggi daripada rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan strategi pembelajaran kompetitif X = 27,07, dengan Fhitung = 35,08 > Ftabel = 3,96, (2) rata-rata hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi X = 29,91 lebih tinggi daripada hasil belajar siswa dengan motivasi belajar rendah X = 26,05, dengan Fhitung = 4,28 > Ftabel = 3,96, dan (3) terdapat interaksi antara strategi pembelajaran dan motivasi belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam dengan Fhitung = 9,94 > Ftabel = 3,96. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa siswa dengan karakteristik motivasi belajar tinggi maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran kolaborative dan siswa dengan karakteristik motivasi belajar rendah maka strategi pembelajaran yang tepat digunakan adalah strategi pembelajaran kompetitif. Implikasi dari penelitian ini secara khusus ditujukan kepada guru Pendidikan Agama Islam yaitu dalam penerapan strategi pembelajaran memperhatikan karakteristik siswa khususnya motivasi belajar
Jenis Item: | Skripsi (Masters) |
---|---|
Subjects: | 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Yuliarita Yuliarita |
Date Deposited: | 16 Aug 2022 09:08 |
Last Modified: | 16 Aug 2022 09:08 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15218 |
Actions (login required)
View Item |