Upaya Guru BK Dalam Membudayakan Membaca Al-qur’an Di SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan

Sari, Qomariah Furnama (2020) Upaya Guru BK Dalam Membudayakan Membaca Al-qur’an Di SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img] Text
Skripsi qomariah furnama sari munaqosah-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Membudayakan membaca Al-Qur’an adalah membiasakan membaca, mengenal, huruf-huruf hijaiyah (ayat-ayat Al-Qur’an) dengan makhraj dan tanda baca yang benar, dan mampu membedakan serta melafazkan bacaan-bacaan yang panjang dan pendek juga mampu menulis huruf-huruf hijaiyah pada posisi awal, tengah, akhir setelah dirangkai (disambung) menjadi ayat-ayat Al-Qur’an secara terus-menerus dalam rentang waktu yang lama. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskriptifkanbagaimana pelaksanaan layanan bimbingan konseling di sekolah dan juga untukmengetahui bagaimana upaya guru BK dalam membudayakan membaca al-qur’an di SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan. Subjek dan objek dalam penelitian adalah kepala sekolah, guru bimbingan dan konseling, dan siswa.Instrumen penelitian adalah wawancara, observasi dan dokumensi. Analsisis tersebut terdiri dari 3 alur, Teknik analisis data yaitu mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil bahwa: 1. Bagaimana kemampuan membaca Al-qur’an siswa di SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan.2) faktor-faktor yang mempengaruhi membaca Al-qur’an siswa di SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan. 3) Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan. 4) bagaimana upaya guru BK dalam membudayakan membaca Al-qur’an di SMP Negeri 05 Percut Sei Tuan. Membudayakan atau membiasakan adalah suatu cara yang dipakai guru pembimbing untuk membiasakan siswa secara berulang-ulang sehingga dengan sendirinya kebiasaan tersebut dapat dilakukan tanpa ada paksaan dari orang lain. Membudayakan membaca al-qur’an kepada peserta didik adalah sebagian dari pondasi karakter siswa. Dengan dibudayakan membaca al-qur’an peserta didik akan lebih dekat dengan agama sebagai dasar hukum pertama dalam agama Islam yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW yang bertujuan untuk merubah akhlak manusia.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru BK, Membudayakan, Membaca Al-qur’an
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan dan Konseling > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 12 Aug 2022 07:23
Last Modified: 12 Aug 2022 07:23
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/15057

Actions (login required)

View Item View Item