Pengembangan Media Kantung Penjumlahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II MIS Nurhafizah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang

Oktavia, Putri Nurul (2021) Pengembangan Media Kantung Penjumlahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas II MIS Nurhafizah Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
PUTRI NURUL OKTAVIA STAMBUK 2017(0306172144).pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, media pembelajaran berperan sangat penting dalam proses belajar mengajar agar peserta didik lebih mudah dalam memahami materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran kantung penjumlahan yang layak digunakan untuk subtema hidup rukun di sekolah tema hidup rukun kelas II SD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan mengikuti prosedur dari Budiyono. Tekhnik analisis data yang digunakan adalah tekhnik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Media kantung penjumlahan juga dapat meningkatan hasil belajar matematika peserta didik yang dibuktikan dengan perolehan pretest memperoleh rata-rata 72,8 dan memperoleh hasil posttest dengan rata-rata 82.4. Hasil penelitian pengembangan media kantung penjumlahan ini layak digunakan sebagai media pembelajaran setelah melewati uji validasi ahli materi dengan memperoleh nilai 4 dengan kategori ‘Baik”, ahli media memperoleh nilai 3,75 dengan kategori “Baik”, dan praktisi memperoleh nilai 3,875 dengan kategori “Baik”. Hasil uji coba perseorangan memperoleh skor rata-rata 21,11 dengan kategori “Baik”, uji coba kelompok memperoleh skor rata- rata 44,77 dengan kategori “Baik”, dan uji coba terbatas meperoleh skor rata-rata 112,11 dengan kategori “Baik”. Ketiga tahapan uji coba media kantung penjumlahan dengan siswa sebagai subjek uji coba menyatakan bahwa media kantung penjumlahn layak digunakan sebagai media pembelajaran subtema hidup rukun di sekolah dengan tema hidup rukun.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Kantung Penjumlahan, Hasil Belajar Peserta Didik.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Aug 2022 04:55
Last Modified: 11 Aug 2022 04:55
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14949

Actions (login required)

View Item View Item