Pelaksanaan Quantum Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VII SMP Swasta Prayatna Medan T.P 2020/2021

Sikumbang, Novita Ariani (2021) Pelaksanaan Quantum Dalam meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS kelas VII SMP Swasta Prayatna Medan T.P 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
NOVITA ARIANI SIKUMBANG-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui metode pembelajaran quantum teaching di sekolah SMP Swasta Prayatna Medan T.P 2020/2021. Jenis metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan melalui 2 siklus terdiri empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa/siswi SMP Swasta Prayatna Medan berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Hasil yang diperoleh menunjukkan sebelum diberitan tindakan menunjukan Presentase 31,25% (10 siswa). Sesudah diterapkan metode quantum teacing dalam pembelajaran IPS diperoleh ketuntasan belajar siswa pada siklus I menunjukkan Presentase 68,75% (22 siswa). Pada Siklus II di Peroleh persentase 87,5% (18 siswa). Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dengan menggunakan metode quantum teaching dalam pembelajaran IPS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Swasta Prayatna Medan T.P 2020/2021.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Quantum teaching, Hasil Belajar
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 373 Secondary education > 373.2 Sekolah lanjutan (SMP, SMA)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 11 Aug 2022 03:04
Last Modified: 11 Aug 2022 03:04
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14925

Actions (login required)

View Item View Item