Pengaruh Strategi Active Learning tipe Question Student Have (QSH) Terhadap Kemampuan Bertanya Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD IT Miftahul Jannah Medan

Elvina, Vivi (2020) Pengaruh Strategi Active Learning tipe Question Student Have (QSH) Terhadap Kemampuan Bertanya Pada Mata Pelajaran IPA Siswa Kelas IV SD IT Miftahul Jannah Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Vivi Elvina.pdf

Download (3MB)

Abstract

Active Learning meliputi berbagai cara untuk membuat siswa aktif dan salah satunya dengan menggunakan strategi question student have yaitu strategi pembelajaran aktif yang menggunakan pertanyaan dari siswa sebagai bahan utama dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan yang sudah ditentukan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen dengan menggunakan jenis Pendekatan Quasi Eksperimen guna untuk mengetahui pengaruh strategi active learning tipe question student have terhadap kemampuan bertanya siswa kelas IV mata pelajaran IPA materi siklus hidup hewan. Penelitian ini dilakukan di SD IT Miftahul Jannah Medan, dan subjek dari penelitian ini adalah siswa/i kelas IV dengan jumlah sampel sebanyak 52 orang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa hasil belajar siswa sebelum diterapkan model pembelajaran interaktif yaitu memiliki tingkat presentase yang rendah, dengan mendapat nilai rata-rata 68,6111. Setelah diterapkan strategi active learning tipe question student have pada materi siklus hidup hewan di SD IT Miftahul Jannah Medan mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata 80,135. Dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi active learning tipe question student have ini dapat meningkatkan kemampuan bertanya siswa dalam mata pelajaran IPA materi siklus hidup hewan di SD IT Miftahul Jannah Medan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Strategi active learning tipe question student have, Kemampuan bertanya.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.3 Sains untuk pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 02 Aug 2022 08:34
Last Modified: 02 Aug 2022 08:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14542

Actions (login required)

View Item View Item