Pengembangan Media Ajar Audio Visual Berbasis Graphic Organizer Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf Di Kelas V MIN 2 Labuhanbatu Selatan

Ningsih, Euis Indah Kesuma (2021) Pengembangan Media Ajar Audio Visual Berbasis Graphic Organizer Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Menentukan Ide Pokok Paragraf Di Kelas V MIN 2 Labuhanbatu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI EUIS INDAH KESUMA NINGSIH NIM0306173167.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Tingkat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan pengembangan media ajar audio visual berbasis Graphic Organizer untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menentukan ide pokok paragraf di kelas V MIN 2 Labuhanbatu Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D) dengan menggunakan pengembangan Borg and Gall yang telah dimodikasi oleh Sugiono yang memiliki 9 langkah. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, observasi, dan kuesioner (angket). Instrumen yang digunakan ada tiga yaitu instrumen pendahuluan, instrumen pengembangan produk, instrument uji coba produk. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif yang memaparkan hasil pengembangan produk. Hasil temuan penelitian ini adalah: 1) Berdasarkan kevalidan dari penilaian ahli materi terhadap media produk dengan persentase sebesar 80%. Penilaian ahli media terhadap media produk dengan persentase sebesar 86,6%; 2) untuk kepraktisan produk mendapatkan hasil dari respon siswa skala kecil persentase sebesar 97,6% pada hasil respon siswa skala besar persentase sebesar 98,4% serta hasil dari angket guru persentase sebesar 100% skor ini disesuaikan pada tabel kriteria kepraktisan; 3) keefektifan produk dilihat dari sebelum menggunakan produk hasil nilai rata-rata yang diperoleh adalah 76,87 sedangkan nilai rata-rata sesudah penggunaan produk adalah 94,37. Hasil peningkatan belajar siswa dalam menggunakan produk adalah 84 kemudian untuk hasil observasi penggunaan produk oleh guru adalah 94,44, Sehingga dapat disimpulkan bahwa produk efektif.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Ajar Audio Visual Berbasis Graphic Organizer, Menentukan Ide Pokok Paragraf
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 01 Aug 2022 03:29
Last Modified: 01 Aug 2022 03:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14509

Actions (login required)

View Item View Item