Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik kelas IV SDS Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan.

Siregar, Sulistianti (2021) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Realistic Mathematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik kelas IV SDS Muhammadiyah 1 Padangsidimpuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP SULISTIANTI SIREGAR.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)berbasis Realistic Mathematics Education (RME) yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IV Sekolah Dasar swasta Muhammadiyah 1 Padangsidempuan. Produk yang dikembangkan berupa bahan ajar LKPD yang memuat materi bilangan pecahan dan bentuk pecahan. Model penelitian pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE yang meliputi Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi) dan Evaluation (evaluasi). Pada penelitian pengembangan ini, peneliti membatasi tahap pengembangan sampai pada tahap Development (pengembangan). Instrumen yang digunakan terdiri dari lembar uji validitas, lembar praktikalitas serta soal pretest dan postest pemecahan masalah. Data hasil validitas, praktikalitas dan efektifitas yang diperoleh dianalisis dengan teknik statistika deskriptif. Berdasarkan hasil uji validitas, LKPD berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah masuk dalam kategori sangat valid dengan perolehan skor rata-rata 3,83 sedangkan hasil uji praktikalis untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah masuk dalam kategori sangat praktis dengan skor 3,45 serta kefektifan LKPD ditinjau dari nilai pretest dan postest hasil belajar peserta didik diperoleh nilai gain 0,65 kategori sedang dengan persentase peningkatan 65% yang berarti memenuhi kriteria keefektifan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: LKPD, RME, Pecahan, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis.
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 19 Jul 2022 05:51
Last Modified: 19 Jul 2022 05:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item View Item