Analisis Isi Berita PT Pelabuhan Indonesia I Masa Covid 19 di Waspada.co.id dan Medanbisnisdaily.com Periode 3 Maret – 4 Juni 2020

Harahap, Rahmadani (2020) Analisis Isi Berita PT Pelabuhan Indonesia I Masa Covid 19 di Waspada.co.id dan Medanbisnisdaily.com Periode 3 Maret – 4 Juni 2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi PDF Rahmadani Harahap 2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berjudul Analisis Isi Berita PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) Masa Covid 19 Di Waspada.co.id Dan Medanbisnisdaily.com Periode 3 Maret – 4 Juni 2020. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan konten yang beragam dari pesan yang dikutip dalam Media Waspada.co.id dan Medanbisnisdaily.com yang menerbitkan berita PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) untuk diketahui arah pemberitaannya. Sebanyak 12 berita untuk sampel, dan menggunakan metode analisis deskriptif dengan Analisis konten/ isi. Penelitian ini menemukan ilustrasi tentang isi pesan secara sistematis dan secara kuantitatif. Sebagai parameter, digunakan konstruksi kategori sebagai Arah Berita. Dalam kategori Arah Berita itu terdiri dari Menguntungkan (+), Tidak Disukai (-), dan Netral (0). Semua kategori sesuai dengan Harold Laswell kategori (Flourney, 1989: 128). Setiap unit analisis diukur berdasarkan frekuensi dan karakter Konten Berita, sesuai dengan kategori yang telah ditentukan. Berdasarkan Konten Analisis dilakukan, hasilnya menunjukkan bahwa Berita tentang PT Pelabuhan Indonesia I (Persero) yang diterbitkan pada Waspada.co.id dan Medanbisnisdaily.com periode 3 Maret – 4 Juni 2020 ditulis dalam Arah berita yang sangat menguntungkan yaitu sejumlah 84%.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Berita dan Konstruksi Arah Pemberitaan.
Subjects: 000 Generalities > 070 News media, journalism, publishing
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 07 Jul 2022 03:52
Last Modified: 07 Jul 2022 03:52
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14290

Actions (login required)

View Item View Item