Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V MIS Parmiyatu Wassa’adah Percut Sei Tuan

Hazrofi, Muhammad Tri (2021) Pengaruh Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS Kelas V MIS Parmiyatu Wassa’adah Percut Sei Tuan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
SKRIPSI MUHAMMAD TRI HAZROFI (PGMI V-2017).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS tanpa menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) di MIS Parmiyatu Wassa’adah Percut Sei Tuan, 2. Hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan Model Value Clarification Technique (VCT) di MIS Parmiyatu Wassa’adah, 3. Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V MIS Parmiyatu Wassa’adah Percut Sei Tuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperimen Design menggunakan dua kelas yaitu kelas yaitu eksperimen dan kelas kontrol. Jumlah sampel adalah 30 siswa, 15 kelas eksperimen (V-A) dan 15 kelas kontrol (IV-B). Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar observasi berupa tes yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (menggunakan uji t). Berdasarkan dari penelitian yang telah dilaksanakan pada kelas V MIS Parmiyatu Wassa’adah Percut Sei Tuan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penerapan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa kelas V MIS Parmiyatu Wassa’adah Percut Sei Tuan. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data diperoleh nilai pretes 53,66 dan postes 86,33 pada kelas Eksperimen, dengan selisih rata-rata kenaikan belajar 32,67. Sedangkan analisis data diperoleh nilai pretes 53,33 dan postes 75,66 pada kelas Kontrol, dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 22,33. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig. (2.tailed)<0,05(0,00<0,05)

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Value Clarification Technique (VCT), Hasil Belajar Siswa
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 10 May 2022 05:43
Last Modified: 10 May 2022 05:43
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14082

Actions (login required)

View Item View Item