Pengembangan Media puzzle Tematik Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar

Nabila, Marsya (2021) Pengembangan Media puzzle Tematik Untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img] Text
Skripsi Marsya Nabila_PGMI.pdf

Download (5MB)

Abstract

Berpikir kreatif sangat dibutuhkan dalam diri seseorang pada pembelajaran abad 21. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media puzzle dalam meningkatkan berpikir kreatif siswa MIN 12 Langkat pada tahun ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan Research and Development (R&D) model ADDIE sugiyono diadopsi melalui Robert Maribe Branch. Sampel yang digunakan berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian berupa lembar observasi, wawancara, validasi, angket, tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji One-Sample Statistics dan uji Lilliefors Kolmogrov-Smirnov dengan taraf signifikan 0,05. Temuan penelitian ini bahwa media puzzle tematik berdasarkan nilai yang diberikan validator ahli media dan materi dinyatakan valid memperoleh nilai 95,69% dengan kategori “Sangat Layak”. Media puzzle tematik dinyatakan praktis, diperoleh dari 27 responden dan guru setelah menggunakan produk memperoleh nilai 98,6% dengan kategori “Sangat Praktis”. Media puzzle tematik dinyatakan efektif, dilihat dari uji OneSample Statistics memperoleh perbedaan hasil sebelum dan sesudah menggunakan produk terjadi peningkatan nilai rata-rata dari 68,52 menjadi 93,70. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengembangan media puzzle tematik untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa sekolah dasar dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Media puzzle tematik memiliki kekurangan dan kelebihan, maka perlu dilakukan penelitian lanjutan.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 10 May 2022 05:34
Last Modified: 10 May 2022 05:34
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/14081

Actions (login required)

View Item View Item