Pengaruh Penggunaan Ludo Math Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi FPB Dan KPK

Setiawati, Setiawati (2021) Pengaruh Penggunaan Ludo Math Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Materi FPB Dan KPK. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SETIAWATI (0306172079) PGMI STAMBUK 2017 (Pdf).pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Media memiliki peran penting karena media dapat membantu proses pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Ludo Math terhadap hasil belajar matematika siswa materi FPB dan KPK. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalam Penelitian adalah seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 40 siswa dengan sampel kelas IV-A sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa dan kelas IV-B sebagai kelas kontrol sebanyak 20 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji Wilcoxon dengan bantuan SPSS versi 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan Ludo Math terhadap hasil belajar siswa materi FPB dan KPK, yakni penggunaan media Ludo Math lebih meningkatkan hasil belajar siswa dibandingkan dengan model Konvensional. Penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu acuan guna mengetahui pengaruh media ludo dengan menggunakan variabel lain.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 01 Mar 2022 09:03
Last Modified: 01 Mar 2022 09:03
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13875

Actions (login required)

View Item View Item