Hubungan Personal Hygiene Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Keluhan Dermatitis Di Wilayah Kerja Puskesmas Indrapura Kabupaten Batubara

Nurfaqhiha, Dita (2021) Hubungan Personal Hygiene Dan Sanitasi Lingkungan Dengan Keluhan Dermatitis Di Wilayah Kerja Puskesmas Indrapura Kabupaten Batubara. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Dita Nurfaqhiha (0801173306).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Salah satu dari masalah kesehatan yang masih menjadi permasalahan yaitu penyakit dermatitis. Dermatitis atau juga dikenal dengan eksim yakni penyakit kulit yang menyerang bagian dari epidermis dimana dapat menyebabkan sifat yang akut atau bahkan kronis, hal tersebut dikarenakan personal hygiene dan sanitasi lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan personal hygiene dan sanitasi lingkungan dengan keluhan dermatitis di wilayah kerja Puskemas Indrapura Kabupaten Batubara. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dengan desain penelitian cross sectional. Pengambilan sampel dilakukakan menggunakan teknik stratified random sampling dengan sampel 100 orang. Data diperoleh melalui data primer dan data sekunder. Penelitian ini menggunakan analisis dengan uji chi square dengan nilai alpha 0,005 (95%). Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa ada hubungan personal hygiene dan sanitasi lingkungan dengan keluhan dermatitis di wilayah kerja Puskemas Indrapura Kabupaten Batubara dimana pada variabel personal hygiene terdiri atas kebersihan rambut dengan nilai p = 0,004, kebersihan kulit dengan nilai p = 0,004, kebersihan handuk diperoleh nilai p = 0,004, kebersihan tangan kaki dan kuku diperoleh nilai p = 0,008, kebersihan pakaian dengan nilai p = 0,009 dan kebersihan tempat tidur serta sprei diperoleh nilai p = 0,009. Sedangkan sanitasi lingkungan terdiri atas sarana air bersih dengan nilai p = 0,047, sarana jamban sehat dengan nilai p = 0,047 serta sarana pembuangan sampah dengan nilai p = 0,042.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medical sciences Medicine
Divisions: Fakultas Kesehatan Masyarakat > Kesehatan Masyarakat > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 20 Jan 2022 04:19
Last Modified: 20 Jan 2022 04:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13261

Actions (login required)

View Item View Item