Representasi Citra Laki-Laki Dalam Iklan Tokopedia X Bts: Waktu Indonesia Belanja

Herrawati, Sri (2021) Representasi Citra Laki-Laki Dalam Iklan Tokopedia X Bts: Waktu Indonesia Belanja. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUMATERA UTARA.

[img]
Preview
Text
Skripsi Sri Herrawati.pdf

Download (710kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berjudul “Representasi Citra Laki-Laki Dalam Iklan Tokopedia X BTS: Waktu Indonesia Belanja”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana makna denotasi dan konotasi yang terdapat dalam iklan tersebut dan bagaimana makna citra laki-laki dalam iklan Tokopedia X BTS: Waktu Indonesia Belanja. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Representasi. Objek dari penelitian ini adalah video iklan Tokopedia. Penelitian ini menggunakan metode analisis semiotika Roland Barthes yang di mana peneliti dapat lebih memahami makna denotasi, konotasi, dan makna citra laki-laki dalam iklan Tokopedia melalui ekspresi, bahasa tubuh, pakaian, dan pengambilan gambar dari model iklan Tokopedia. Hasil temuan dari penelitian yang sudah dilakukan mengenai citra laki-laki dalam iklan Tokopedia adalah laki-laki digambarkan dengan wajah yang putih bersih, tinggi, dan lemah gemulai. Akhir tahun 1900-an menuju tahun 2000-an istilah baru muncul yaitu maskulinitas yang baru. Dengan ini menyajikan paduan unik dan menarik yang dapat membuka mata dunia atas stereotype mengenai imajinasi maskulin yang sudah lama dibentuk. Dimana laki-laki dahulu lebih menonjolkan otot, kekuasaan, dan style yang tidak tertata. Dibandingkan dengan laki-laki sekarang seperti model iklan Tokopedia, citra yang ditampilkan adalah keramahan, stylish, tidak berhubungan dengan kekerasan, dan juga peka terhadap perasaan disekitarnya.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 650 Management and auxiliary services > 659 Advertising and public relations
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Komunikasi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mr Muhammad Aditya
Date Deposited: 19 Jan 2022 07:11
Last Modified: 19 Jan 2022 07:11
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/13221

Actions (login required)

View Item View Item