Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MTsn 3 Medan

Pohan, Zulfikar Abbas and Syukri, Makmur and Chaniago, Nasrul Syakur (2021) Implementasi Program Supervisi Akademik Kepala Madrasah Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Di MTsn 3 Medan. Jurnal Fadillah: Manajemen Pendidikan Islam & Umum, 1 (2). ISSN 2775-2380

[img]
Preview
Text
FADILLAH 2 (Zulfikar Abbas Pohan).pdf

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Perencanaan program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTSN 3 Medan; (2) Teknik dalam pelaksanaan program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTSN 3 Medan; (3) Evaluasi program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru di MTSN 3 Medan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Yang berarti peneliti langsung ke lapangan guna untuk memahami dan memberikan gambaran bagaimana fenomena atau permasalahan yang terjadi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu berupa observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Informan dalam penelitian ini yaitu kepala madrasah, wakil kepala madrasah dan guru bidang studi. Dalam menganalisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dan untuk meemeriksa keabsahan data yaitu dengan menggunakan uji kredibilitas, keteralihan, ketergantungan dan ketegasan. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga temuan yaitu: (1) Perencanaan program supervisi akademik kepala madrasah dalam meningkatkan profesionlisme guru sudah sangat baik yaitu pertama dengan menetapkan tujuan, kemudian melakukan diskusi atau rapat dengan semua personil sekolah, dan selanjutnya dengan melakukan penentuan jadwal pelaksanaan; (2) Teknik supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam pelaksanaan supervisi akademik yaitu dengan menggunakan teknik supervisi individual; (3) Evaluasi supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala madrasah dalam meningkatkan profesionalisme guru adalah berupa pengamatan tentang bagaimana kinerja guru melalui lembaran atau instrumen penilaian supervisi dan evaluasinya juga dilihat dari hasil pencapaian perserta didik setiap pertengahan dan akhir semester guna mengetahui apakah mengalami peningkatan atau penurunan.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 28 Dec 2021 06:19
Last Modified: 28 Dec 2021 06:19
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/12685

Actions (login required)

View Item View Item