Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi Dan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di MAN 4 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020

Wiradi, Muhammad Dimas (2020) Perbedaan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Yang Diajar Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Grup Investigasi Dan Pembelajaran Matematika Realistik Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Di MAN 4 Medan Tahun Pembelajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUHAMMAD DIMAS.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran koopera kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dan model pembelajaran matematika realistik di MAN 4 medan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasi eksperiment. Populasinya seluruh kelas X MAN 4 Medan tahun pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 4 kelas, dan yang dijadikan sampel yaitu kelas X IPA-3 (kelas eksperimen I) yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dan X IPA-4 (kelas eksperimen II) yang diajar dengan pembelajaran matematika realistik dengan jumlah masing-masing kelas adalah 30 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Hasil temuan ini menunjukkan kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen I memperoleh nilai rata-rata 75,03, kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas eksperimen II memperoleh nilai rata-rata 69,67, terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe grup investigasi dan model pembelajaran matematika realistik di MAN 4 medan T.P 2019/2020

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 21 Jul 2021 04:14
Last Modified: 21 Jul 2021 04:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11909

Actions (login required)

View Item View Item