Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Model Pembelajaran Index Card Match pada Materi Pokok Turunan di Kelas XI SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan T.P 2019-2020.

Lubis, Atikah (2021) Perbedaan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa yang Diajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Model Pembelajaran Index Card Match pada Materi Pokok Turunan di Kelas XI SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan T.P 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI LENGKAP ATIKAH LUBIS.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: perbedaan kemampuan penalaran matematis siswa yang diajar dengan Model Pembelajaran Quantum Teaching dan Index Card Match pada kelas XI SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdiri dari 2 kelas. Dari 2 kelas dipilih 1 kelas Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan jenis penelitian quasy eksperimental dengan desain pretest-posttest. Populasinya adalah seluruh siswa kelas XI SMA Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 77 siswa. Sampel pada penelitian ini berjumlah 20 siswa yang terdiri dari kelas eksperimen-1 dan kelas eksperimen-2. Instrumen tes yang digunakan untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa adalah dengan menggunakan tes berbentuk uraian. Nilai rata-rata hasil test akhir kelas yang diajar dengan model Quantum Teaching sebesar 75,50 dan nilai rata-rata hasil test akhir kelas model Index Card Match sebesar 68,00. Dari hasil analisis data test akhir kelas model Quantum Teaching diperoleh L-hitung ≤ L-tabel yakni 0,206 ≤ 0,258 dan data test akhir kelas model Index Card Match diperoleh L-hitung ≤ L-tabel yakni 0,204 ≤ 0,258. Sehingga data test akhir kedua kelas eksperimen berdistribusi Normal. Dari uji homogenitas data test akhir kedua sampel bersifat homogen, dimana Fhitung < Ftabel yaitu 1,145<3,179. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t didapat bahwa thitung > ttabel yaitu 4,64 > 2,26 maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas yang diajar dengan model Quantum Teaching lebih baik dibandingkan dengan kelas yang diajarkan dengan model Index Card Match. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan penalaran matematis siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching dan Index Card Match pada matreri turunan Fungsi Aljabar di kelas XI SMAS Islam Terpadu Al-Husnayain Panyabungan Tahun Pelajaran 2019/2020.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembalajaran, Kegiatan Belajar, SMA Islam Terpadu Al- Husnayain Panyabungan
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 25 Jun 2021 07:22
Last Modified: 25 Jun 2021 07:22
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11754

Actions (login required)

View Item View Item