Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 8 ACEH TENGGARA

Wahyuni, Eka (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Reciprocal Teaching Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV MIN 8 ACEH TENGGARA. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
skripsi eka wahyuni-1-dikonversi.pdf

Download (680kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian: (1) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah sebelum menggunakan Strategi Reciprocal Teaching (2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan Strategi Reciprocal Teaching pada mata pelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah (3) Untuk mengetahui bagaimana hasil belajar siswa setelah menerapkan Strategi Reciprocal Teaching pada mata pelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan tahapan berupa siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV MIN 8 ACEH TENGGARA di semester II sebanyak 30 orang siswa, yang terdiri dari 14 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Kemampuan pemahaman siswa mengenai materi Peninggalan Sejarah sebelum menggunakan Strategi Reciprocal Teaching yaitu siswa yang tuntas berjumlah 12 orang atau dengan persentase 40%. (2) Proses penerapan Strategi pembelajaran Reciprocal Teaching pada mata pelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah di kelas IV MIN 8 ACEH TENGGARA Dalam berjalan dengan baik sesuai dengan RPP yang telah direncanakan. Hal ini dapat dilihat dari kesungguhan belajar siswa dan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran dan juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. (3) Kemampuan pemahaman siswa mengenai materi Peninggalan Sejarah setelah menggunakan Strategi Reciprocal Teaching yaitu pada siklus I siswa yang tuntas berjumlah 17 orang atau dengan persentase 56,7%. Selanjutnya pada siklus II siswa yang tuntas berjumlah 26 orang atau dengan persentase 86,7%. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memahami materi Peninggalan Sejarah pada mata pelajaran IPS telah mencapai tingkat ketuntasan belajar klasikal.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Siswa, Strategi Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.4 Membaca, belajar membaca
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Nurul Hidayah Siregar
Date Deposited: 09 Jun 2021 06:28
Last Modified: 09 Jun 2021 06:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11656

Actions (login required)

View Item View Item