Model Pengembangan Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Pesantren Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan

Siregar, Arini (2020) Model Pengembangan Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Di Pesantren Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI ARINI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menjawab permasalahan : (1) Apa model pengembangan kecerdasan sosial dalam pembelajaran Al-Qur‘an Hadits di Pesantren Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan (2) Bagaimana model pengembangan kecerdasan sosial dalam pembelajaran Al-Qur‘an Hadits yang dilaksanakan di Pesantren Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan (3) Mengapa Pesantren Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan menerapkan model pengembangan kecerdasan sosial yang demikian. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif yang bersifat fenomenologi. Pengumpulan data mengguankan teknik wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan : Reduksi Data, Penyajian Data, dan Menarik Kesimpulan. Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : (1) Model pengembangan kecerdasan sosial dalam pembelajaran al-qur‘an hadits di Pesantren Irsyadul Islamiyah Tanjung Medan Kecamatan Kampung Rakyat Kabupaten Labuhanbatu Selatan meliputi : persiapan pembelajaran, pembelajaran di dalam kelas dan pembelajaran diluar kelas, (2) Dalam Implementasinya guru mengembangkan kecerdasan sosial santri menuangkan kompetensi sosial ke dalam persiapan pembelajaran, pembelajaran di dalam kelas, meluputi: perencanaan pembelajaran, membuka pelajaran, meguraikan materi pembelajaran, menutup pembelajaran, dan evaluasi. Pembelajaran di luar kelas yang berbentuk kegiatan ekstrakulikuler, kegiatan jum‘at aktif, kegiatan di dalam masjid dan kegiatan di asrama. (3) Tujuan guru Al-Qur‘an Hadits menerapkan model pengembangan yang demikian agar para santri memiliki etika, adab dan sopan santun (Akhlakul Karimah) terhadap guru, terhadap orang yang lebih tua, dan terhadap teman sebayanya. Selain itu guru juga ingin menanamkan karakteristik giat, tekun dan bekerja keras untuk beribadah kepada Allah Swt Agar seimbang Hablum Minallah dan Hablum Minannas.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 07 Jun 2021 04:44
Last Modified: 07 Jun 2021 04:44
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11637

Actions (login required)

View Item View Item