Peran Guru Ips Membentuk Sikap Peduli Sosial dan Lingkungan Siswa di SMP Al-Maksum, kec percut sei tuan Kap Deli Serdang

Panjaitan, Nuraina (2021) Peran Guru Ips Membentuk Sikap Peduli Sosial dan Lingkungan Siswa di SMP Al-Maksum, kec percut sei tuan Kap Deli Serdang. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI NURAINA PANJAITAN.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Sikap Peduli Sosial dan Lingkungan Siswa di SMP Al-Maksum, (2) untuk mengetahui Peran Guru Ips dalam membnetuk Sikap Peduli Sosial dan Lingkungan Siswa di Smp Al-Maksum, (3) untuk mengetahui faktor apa saja yang menghambat peran guru membnetuk sikap pduli sosila dan lingkungan siswa di Smp Al-Maksum. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif Deskriptif dengan subjek penelitiannya yaitu Guru-guru Ips di SMP Al-Maksum, siswa siswi di SMP Al-Maksum, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu Observasi, Wawancara dan Dokumentasi sedangkan analisis data dari penelitian ini yaitu, reduksi data, penyejian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian (1) Sikap Peduli Sosial dan Lingkungan Siswa di SMP Al-Maksum cukup baik, hanya saja masih terdapat siswa yang kurang memiliki rasa kepedulian terhadap aspek sosial dan lingkungannya. (2)Peran Guru Ips yang sudah dilakukan di Smp Al-Maksum yaitu guru sebagai Educator, guru sebagai manager, guru sebagai Innovator, guru sebagai Supervisor, guru sebagai komunikator dan guru sebagai motivator. (3) faktor apa saja yang menghambat peran guru membnetuk sikap pduli sosila dan lingkungan siswa di Smp Al-Maksum yaitu Usia anak yang cenderung masih bersipat kekanak-kanakan serta berkurangnya waktu dalam proses kagiatan belajar yang disebabkan oleh pandemi sekarang ini membuat segala aktivitas guru dalam upaya pembentukan sikap siswa menjadi terhambat di SMP Al-Maksum. ii Dengan demikian dapat kita simpulkan bahwa peran seorang guru sangatlah penting guna membentuk sikap peduli sosial danlingkungan pada siswa di SMP Al-Maksum

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan IPS > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 20 May 2021 08:28
Last Modified: 20 May 2021 08:28
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11580

Actions (login required)

View Item View Item