Implementasi Pembelajaran Nilai-Nilai Kewirausahaan Bagi Anak Usia Dini Di Kelompok B TK. Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Jalan Pahlawan No. 76 Tahun Ajaran 2019-2020

Harahap, Sarpia Duri (2020) Implementasi Pembelajaran Nilai-Nilai Kewirausahaan Bagi Anak Usia Dini Di Kelompok B TK. Aisyiyah Bustanul Athfal 33 Jalan Pahlawan No. 76 Tahun Ajaran 2019-2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Sarpia duri harahap.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

TK Asyiyah adalah salah satu TK yang Mengusung tema entrepreneurship dalam kegiatan pembelajaran dan berupaya untuk menanamkan nilai-nilai kewirausahaan dalam pelaksanaan pembelajaran sehari hari. Subjek penelitian pada kegiatan penelitian studi kasus di TK AsyiyahBustanul Atfal 33 meliputi guru, siswa, dan pengurus TK Asyiyah. Objek penelitian adalah proses pembelajaran nilai-nilai kewirausahaan pada anak usia dini di TK Asyiyah. Permasalahan ini diteliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data-data hasil penelitian diuji kembali keabsahannya menggunakan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian nilai- nilai yang di tanamkan di TK Aisyiyah meliputi nilai tanggung jawab, disiplin, mandiri, jujur, kerjasama, berani/percaya diri, dan menghargai prestasi. Proses pembelajaran dilakukan melalui kegiatan kurikuler dan program penunjang kegiatan pembelajaran. Kegiatan kurikuler meliputi tahap perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, dan evaluasi. Program penunjang kegiatan pembelajaran dilaksanakan di luar kegiatan kurikuler. Adapun strategi pembelajaran yang digunakan yakni melalui pembiasaan, permainan untuk pembentukan kepribadian anak, inkulkasi nilai, keteladanan nilai, fasilitasi, pengembangan keterampilan, kegiatan eksploratori, pemecahan masalah, diskusi, belajar kooperatif, demonstrasi, dan pengajaran langsung. Faktor pendukung proses pembelajaran yakni letak geografis TK, team work yang baik antar guru, dan peran serta orang tua. Adapun faktor penghambat proses pembelajaran yaitu keterbatasan SDM guru, dan media pembelajaran yang minim.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 372 Elementary education > 372.8 Pelajaran lain untuk pendidikan dasar (Ilmu sosial, menari, musik, sejarah)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 17 Apr 2021 04:18
Last Modified: 17 Apr 2021 04:18
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11391

Actions (login required)

View Item View Item