Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Media Gambar Dikelas V MIS Al-Wardah Tembung Tahun Ajaran 2020/2021

Hayati, Wardah (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPS Materi Jenis Usaha Dan Kegiatan Ekonomi Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Media Gambar Dikelas V MIS Al-Wardah Tembung Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

[img]
Preview
Text
skripsi wardah bismillah fiiiiiiiiixxxxxxx.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) Hasil belajar siswa sebelum diterapkan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Media Gambar pada mata pelajaran IPS materi Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi 2) Hasil belajar siswa dalam penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Media Gambar pada mata pelajaran IPS materi Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi 3)Hasil belajar siswa sesudah diterapkan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Media Gambar pada mata pelajaran IPS materi Jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus dan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Sedangkan instrumen pengumpulan data ini menggunakan observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah siswa/i kelas V dengan jumlah siswa 20 orang. Penelitian ini dilakukan di MIS Al-Wardah Tembung. Berdasarkan analisis data bahwa sebelum menggunakan model kooperatif tipe Jigsaw dan Media Gambar persentase nilai rata-rata kelas mencapai (52,5%) dari 20 orang siswa tuntas sebanyak 5 orang (25%), pada siklus I yaitu dengan rata- rata meningkat menjadi (68,5%) dinyatakan yang tuntas dalam belajar 9 orang (45%) dan yang tidak tuntas 11 orang (55%), kemudian pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningktan yang baik yaitu dengan nilai rata-rata (73%) yang dinyatakan tuntas sebanyak 16 orang (80%) dan yang tidak tuntas 4 orang (20%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw media gambar dapat meningkat hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS materi jenis usaha dan kegiatan ekonomi dikelas V MIS Al-Wardah Tembung tahun ajaran 2020/2021

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Siti Masitah
Date Deposited: 07 Apr 2021 08:29
Last Modified: 07 Apr 2021 08:29
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11318

Actions (login required)

View Item View Item