Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Puisi Kelas V MIN 5 Kota Medan

Sajida, Sajida (2020) Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Pokok Bahasan Menulis Puisi Kelas V MIN 5 Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SAJIDA versi pdf.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Bagaimana hasil belajar siswa sebelum menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi. 2) Bagaimana penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi. 3) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkannya model pembelajaran Student Teams Achievement Division pada pembelajaran Bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi kelas V MIN 5 Kota Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II, Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V MIN 5 Kota Medan yang berjumlah 24 siswa, sedangkan objek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah hasil belajar bahasa indonesia siswa pokok bahasan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division. Pada tes awal sebelum penerapan model pembelajaran student teams achievement division nilai rata-rata siswa sebesar 69,4 yaitu 6 siswa (25%) yang mencapai ketuntasan belajar dan 18 siswa (75%) yang belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I rata-rata kelas yang didapat sebesar 77,45%, jumlah siswa yang mencapai ketuntasan belajar sebanyak 16 siswa (66,66%) dan jumlah siswa yang belum tuntas sebanyak 8 siswa (33,34%). Sedangkan tes hasil belajar pada siklus II nilai rata-rata yang didapat adalah sebesar 20 siswa (83,33%) dan jumbal siswa yang tidak tuntas sebanyak 4 siswa (16,67%). Maka dengan menggunakan model pembelajaran Student Teams Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam materi pembelajaran bahasa Indonesia pokok bahasan menulis puisi.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 27 Mar 2021 10:37
Last Modified: 27 Mar 2021 10:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11237

Actions (login required)

View Item View Item