Perbandingan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di MA Pondok Pesantren Darul Qur’an

Rohana, Siti (2021) Perbandingan Model Pembelajaran Quantum Teaching Dan Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Di MA Pondok Pesantren Darul Qur’an. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI ROHANA FIXX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan model pembelajaran quantum teaching dan model pembelajaran concept sentence terhadap hasil belajar biologi siswa kelas X MA di MA Pondok Pesantren Darul Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi eksperimen. Populasi dalama penelitian ini adalah seluruh kelas X MA Pondok Pesantren Darul Qur’an yang berjumlah 107 siswa. Sampel yang yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebagian anggota populasi target terdiri dari dua kelas yang ditentukan secara cluster random sampling (sample acak berkelompok). Sehingga sampel yang digunakan adalah kelas X MIA-2 sebagai kelas eksperimen I berjumlah 35 siswa dan kelas eksperimen II berjumlah 34 siswa. Hasil analisis data menunjukkan rata-rata nilai post-test kelas ekpserimen I (quantum teaching) adalah 80,6 (kategori sangat tinggi). Sedangkan pada kelas eksperimen II (quantum teaching) diperoleh rata-rata nilai post-test sebesar 68,14 (kategori tinggi). Uji hipotesis perbedaan hasil belajar biologi siswa kelas eksperimen I dan eksperimen II, diperoleh thitung = 9,025 > ttabel = 1,997, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan ada perbedaan hasil belajar biologi siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran quantum teaching dengan yang diajar menggunakan model pembelajaran concept sentence.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 26 Mar 2021 14:10
Last Modified: 26 Mar 2021 14:10
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11219

Actions (login required)

View Item View Item