Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Inquiry Learning Di Kelas IV MIS Ikhwanul Muslimin Tembung Tahun Ajaran 2019/2020

Zola, Yulia Anggreni (2020) Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Materi Sifat-Sifat Cahaya Melalui Metode Inquiry Learning Di Kelas IV MIS Ikhwanul Muslimin Tembung Tahun Ajaran 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YULIA ANGRAINI ZOLA FIX.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini mempunyai tujuan (1) untuk mencari hasil belajar siswa sebelum penggunaan metode inquiry learning pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya (2) bagaimana proses penerapan metode nquiry learning pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya dan (3) bagaimana hasil belajar siswa setelah menggunakan metode inquiry learning pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi memakai metode inquiry learning pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Dilaksanakan di MIS Ikhwanul Muslimin Tembung T.A 2019/2020. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV yang berjumlah 25 orang. Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa, (1) sebelum penggunaan metode inquiry learning terdapat nilai rata-rata pra tindakan sebesar 58,6 dari 25 orang siswa yang ketuntas adalah sebanyak 5 orang (20%). (2) Proses dan penggunaan metode inquiry learning pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya, proses pembelajaran dilakukan sesuai RPP yang sudah direncanakan. Penggunaan metode dapat menaikkan hasil belajar siswa, kendala dan kekurangan pada proses pembelajaran akan diobservasi guru pamong baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa, dari hasil tersebut peneliti melakukan perbaikan pada siklus selanjutnya. (3) sedangkan hasil setelah penggunaan metode inquiry learning lebih meningkat setiap siklusnya, pada siklus I memiliki nilai rata-rata 67,8 dengan ketuntasan klasikal sebanyak 14 orang siswa (56%), dan pada percobaan siklus II dengan nilai rata-rata 80,8 yaitu sebanyak 21 orang siswa (21%).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 20 Mar 2021 07:51
Last Modified: 20 Mar 2021 07:51
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11161

Actions (login required)

View Item View Item