Pengaruh Strategi Aktif Learning Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Kota Medan

Ginting, Budi Setiawan (2020) Pengaruh Strategi Aktif Learning Everyone Is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Kota Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
Skripsi Budi Setiawan.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1.) Hasil Belajar Siswa tanpa menggunakan Strategi (Konvensional) di MIN IV Kota Medan, 2.) Hasil Belajar Siswa dengan menggunakan Strategi Aktif Learning Everyone is a Teacher Here di MIN IV Kota Medan, 3.) Pengaruh Strategi Aktif Learning Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia di kelas V MIN 4 Kota Medan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah eksperimen (semu). Penelitian eksperimen semu adalah eksperimen yang dilakukan karena tidak mungkin dapat mengontrol semua variabel yang turut mempengaruhi terhadap variabel terkait. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen. Dalam desain ini dipilih secara randomized control group pre-test post-tes design atau pre-test post-tes sampel penelitian ini adalah siswa kelas V-C sebagai kelas eksperimen berjumlah 13 siswa dan kelas V-D sebagai kelas kontrol berjumlah 13 siswa. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada kelas V MIN 4 Kota Medan, menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan dari penggunaan Strategi Aktif Learning Everyone is a Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V MIN 4 Kota Medan. Hal ini dapat dilihat dari analisis data di peroleh nilai pretes 54,23 dan postes 87,31 pada kelas Eksperimen, dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 33,08. Pada kelas Kontrol nilai pretes 48,85 dan nilai postes 73,85 dengan selisih rata-rata kenaikan hasil belajar 25. Berdasarkan dari hasil uji t dimana diperoleh Sig.(2.tailed) < 0,05 (0,00 < 0,05) .

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 19 Mar 2021 03:38
Last Modified: 19 Mar 2021 03:38
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item