Rahman, Abd (2020) Evaluasi Program Pembelajaran Tahfizh Alquran Di Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) DOD Deli Serdang. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
|
Text
Disertasi Abd Rahman_compressed.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar Islam Terpadu SDIT DOD Deli Serdang dengan tujuan untuk mengevaluasi program pembelajaran tahfizh Alquran yang diselenggarakan oleh SDIT DOD Deli Serdang melalui penelitian evaluasi dengan menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Proces and Product) yang berfokus pada beberapa pertanyaan inti yaitu kondisi konteks program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang, kondisi input program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang, kondisi proses implementasi program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang, dan kondisi produk program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode evaluasi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan studi dokumen, dengan analisis evaluasi CIPP (konteks, input, proses dan produk). Hasil penelitian ini adalah pada dimensi konteks, baik dari aspek dukungan, kebutuhan maupun tujuan sekolah bahwa program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang mendapat dukungan dari pemerintah, lingkungan sekolah serta masyarakat sekitar. Selain itu program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang juga menjadi kebutuhan sekolah, masyarakat dan juga siswa SDIT DOD Deli Serdang, dan program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang merupakan bagian dari visi, misi dan tujuan sekolah, meskipun tidak terlihat langsung dari narasi visi, misi dan tujuan sekola tersebut. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa dari aspek konteks program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang dapat diteruskan. Pada dimensi Input penelitian ini menemukan bahwasannya pada kriteria Sumber Daya Manusia dengan nilai 50 (kurang), kriteria anggaran pelaksanaan dengan nilai kurang, kriteria sarana-prasarana dengan nilai 65 (cukup), dan pada kriteria prosedur program pembelajaran dengan nilai 40 (kurang). Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa dari aspek Input program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang dapat diteruskan dengan catatan penting bahwa pengelola sekolah harus benar-benar memperbaiki input program pembelajaran tahfizh Alquran, terlebih pada penjaringan SDM, namun jika perbaikan-perbaikan tersebut tidak dilaksanakan maka sebaiknya program pembelajaran tahfizh Alquran dihentikan sebagai program pembelajaran khusus,dan dapat diteruskan sebagai mata pelajaran biasa seperti mata pelajaran lainnya dengan waktu pembelajaran sesuai dengan roster pelajaran. Pada aspek proses, penelitian ini menemukan bahwa proses pelaksanaan program pembelajaran tahfizh Alquran dengan kriteria-kriteria yang ditetapkan mendapat nilai (61) cukup. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa dari aspek proses program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang diteruskan dengan perbaikan. Pada produk, penelitian ini menemukan bahwa pada aspek kompetensi tahfizh Alquran dengan nilai 55 (kurang). Pada kriteria akhlak mulia dan amal sholeh dengan nilai 90 (sangat baik) telah sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan. Dengan demikian dapat direkomendasikan bahwa dari aspek produk program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang diteruskan dengan perbaikan. Persoalan-persoalan mendasar pada program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang adalah: minimnya anggaran atau dana program, tingkat pencapaian yang rendah, rendahnya kompetensi Alquran SDM, kurangnya jumlah SDM, belum ada jadwal ujian Tahfizh, target capaian yang belum terjadwal, sekolah tempat setor hafalan, kurang perhatian orang tua, waktu pembelajaran yang sedikit, penggunaan mushaf Alquran yang belum standart. Kekuatan program pembelajaran tahfizh Alquran di SDIT DOD Deli Serdang adalah semangat guru memperbaiki kualitas Alqurannya, peran dan dukungan orang tua, komunikasi antara guru dan orang tua dan penetapan program pembelajaran tahfizh Alquran sebagai bagian dari visi misi sekolah.
Jenis Item: | Skripsi (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Al-Quran, Sekolah Dasar islam Terpadu DOD Deli Serdang |
Subjects: | 2X7 FILSAFAT DAN PERKEMBANGANNYA > 2X7.3 Pendidikan Islam > 2X7.31 Metode dan Sistem Pendidikan Islam |
Divisions: | Program Pasca Sarjana > Program Doktor > Disertasi Doktor |
Pengguna yang mendeposit: | Mrs Yuliarita Yuliarita |
Date Deposited: | 12 Mar 2021 07:53 |
Last Modified: | 12 Mar 2021 07:53 |
URI: | http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10989 |
Actions (login required)
View Item |