Pengembangan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siklus AirSiswa SD Swasta Darma Medan

Wulandari, Desy (2020) Pengembangan Media Papan Flanel Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siklus AirSiswa SD Swasta Darma Medan. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DESY WULANDARI new edited.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Urgensi media pembelajaran sebagai alat bantu dalam penyampaian materi pembelajaran juga terdapat pada media papan flanel yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dalam memahami pelajaran materi siklus air. Penelitian dan pengembangan adalah jenis metode penelitian yang dipilih dalam penyusunan karya ilmiah ini dengan menerapkan tahapan yang disederhanakan dari prosedur Borg and Gall. Tahapan penelitian yang dilakukan secara garis besar terdiri dari tahapan pengembangan produk, tahapan validasi produk, dan tahapan uji coba produk. Adapun subjek yang dilibatkan sebagai sampel penelitian adalah siswa kelas V SD Swasta Darma sebanyak 18 responden. Data penelitian diperoleh dari validasi ahli media dan ahli materi pembelajaran untuk mengetahui kelayakan produk, kemudian uji coba lapangan utama dengan guru dan siswa yang bertujuan untuk memperoleh data kepraktisan dan efektifitas produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan yang dilakukan memberikan keterangan bahwa: produk Media Papan Flanel yang telah dikembangkan “sangat layak” digunakansetelah melalui uji validasi dari ahli media belajar dengan nilai persentasi 97,5% dan ahli materi pembelajaran dengan nilai persentasi 100%, kemudian dilihat dari hasil uji kepraktisan melalui uji coba produk pada lapangan utama oleh guru diperoleh nilai persentasi 100% dan siswa diperoleh nilai persentasi 85,56% maka “sangat praktis” digunakan sebagai media pembelajaran dan “efektif” digunakan dalam pembelajaran dibuktikandarinilairata-ratasebelummenggunakan produk yaitu 67,11 dansesudahmenggunakan produk diperoleh nilai rata-rata yaitu 92,94. Selanjutnya, melalui uji hipotesis dengan uji paired sample t-testdiperoleh nilai signifikan 0,00<0,05 sehingga diketahui bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Maka dari hasil tersebut dinyatakan bahwa Media Papan Flanel valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi Siklus Air.

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Belajar, Papan Flanel, Pemahaman Konsep
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Mrs Yuliarita Yuliarita
Date Deposited: 12 Mar 2021 06:37
Last Modified: 12 Mar 2021 06:37
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10986

Actions (login required)

View Item View Item