Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Pada Siswa Kelas IV Di SD Muhammadiyah 31 Medan T.A 2019/2020

Harahap, Siti Mawaddah Febrina (2020) Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kejujuran Pada Siswa Kelas IV Di SD Muhammadiyah 31 Medan T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI SITI MAWADDAH FIXX-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui nilai-nilai kejujuran siswa di kelas IV di SD Muhammadiyah 31 Medan, 2) Untuk mengetahui peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 31 Medan, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru dalam pembentukan karakter siswa kelas IV di SD Muhammadiyah 31 Medan. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini dirancang dengan menggunakan jenis penelitian kualitatif. Dalam proses pengumpulan data peneliti menggunakan tiga metode pengumpulan data, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa: 1) Nilai-nilai kejujuran siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan belum maksimal terlaksana dengan baik, , 2) Peran guru dalam menanamkan nilai-nilai kejujuran pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 31 Medan tergambar melalui kegiatan-kegiatan yang ada di dalam kelas maupun diluar kelas. 3) Faktor yang mempengaruhi nilai-nilai kejujuran siswa didasarkan oleh kesadaran diri siswa, orang tua serta lingkungan sekitar. Adapun solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan menjalin komunikasi antara kepala sekolah, guru serta orang tua yang baik dengan memperhatikan dan mengajarkan halhal kebaikan kepada siswa

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.1 Guru, tenaga pendidikan, (dosen kelaskan di 378.1)
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 09 Mar 2021 06:54
Last Modified: 09 Mar 2021 06:54
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10951

Actions (login required)

View Item View Item