Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Sifat-Sifat Bunyi Bagi Siswa Kelas IV MIS Al Husna Sukajadi T.A 2019/2020

Novisra, Gita (2020) Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Sifat-Sifat Bunyi Bagi Siswa Kelas IV MIS Al Husna Sukajadi T.A 2019/2020. Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI GITA-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) sebelum dan sesudah menggunakan strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL) terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian siklus I diperoleh tingkat ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebanyak 11 siswa (37%) yang mencapai tingkat ketuntasan. Kemudian dilanjutkan siklus II diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebanyak 22 siswa (73%) yang mencapai tingkat ketuntasan. Pada siklus ke III diperoleh tingkat ketuntasan hasil belajar siswa secara klasikal sebanyak 29 siswa (97%) yang mencapai tingkat ketuntasan. Penelitian Tindakan Kelas ini dapat dikatakan meningkat dengan menggunakan strategi Contextual Teaching and Learning (CTL).

Jenis Item: Skripsi (Skripsi)
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah > Skripsi
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 08 Mar 2021 06:14
Last Modified: 08 Mar 2021 06:14
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10939

Actions (login required)

View Item View Item