Pengembangan Media Realia Invertebrata Dan Bahan Ajar Berupa Handout Dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMA Di Medan Pada Materi Animalia

Jayanti, Ummi Nur Afinni Dwi (2019) Pengembangan Media Realia Invertebrata Dan Bahan Ajar Berupa Handout Dan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X MIA SMA Di Medan Pada Materi Animalia. Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UINSU Medan.

[img]
Preview
Text
LAPORAN PENELITIAN UMMI NUR AFINNI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media realia dan bahan ajar berupa handout untuk siswa kelas X MIA SMA pada materi Animalia. Penelitian ini mengadopsi tahap model pengembangan ADDIE. Media realia dan handout yang dikembangkan divalidasi oleh ahli materi, ahli media dan bahan ajar serta praktisi lapangan. Validasi oleh ahli media dan bahan ajar sebesar 94,4% dengan kriteria sangat valid. Hasil validasi ahli materi sebesar 97,15% (sangat valid). Hasil validasi praktisi lapangan sebesar 97,15% oleh guru dan 91,14% oleh siswa. Rata-rata persentase penilaian efektivitas media realia dan bahan ajar oleh siswa adalah sebesar 91,17 %. Perolehan skor hasil tes oleh siswa juga memperkuat bahwa media dan bahan ajar yang dikembangakan efektif. Nilai keefektian ditunjukan dengan ketercapaian indikator berpikir kritis siswa setelah menggunakan media dan bahan ajar juga tergolong baik, yang ditunjukkan dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 85,71 %. Saran pemanfaatan produk, diseminasi dan pengembangan produk lebih lanjut dijelaskan lebih lanjut pada bagian akhir laporan penelitian.

Jenis Item: Lainnya
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Laporan Penelitian (Research Report)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Mar 2021 10:42
Last Modified: 05 Mar 2021 10:42
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10922

Actions (login required)

View Item View Item