Model Pembelajaran Bank Street Dan Sentra, Serta Pengaruhnya Terhadap Sosial Emosional Anak

Khadijah, Khadijah and Arlina, Arlina and Hardianti, Riska Wahyuni and Maisarah, Maisarah (2021) Model Pembelajaran Bank Street Dan Sentra, Serta Pengaruhnya Terhadap Sosial Emosional Anak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (2). pp. 1960-1972. ISSN 2549-8959

[img]
Preview
Text
Model Pembelajaran Bank Steet dan Sentra, serta Pengaruhnya Terhadap Sosial Emosional Anak.pdf

Download (459kB) | Preview

Abstract

Sosial emosional sangat dibutuhkan agar anak mampu berinteraksi dengan lingkungannya. Observasi di TKIT Nurul Ilmi ditemukan bahwa sosial emosional anak usia 5-6 tahun belum berkembang. Untuk mengembangkan sosial emosional anak diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan seperti model pembelajaran bank street dan sentra. Oleh karena itu penelitian bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh model pembelajaran bank street terhadap sosial emosional; (2) pengaruh model pembelajaran sentra terhadap sosial emosioal; dan (3) perbedaan pengaruh model pembelajaran bank street dan sentra terhadap sosial emosional. Metode penelitian yang digunakan yaitu Quasi Experimental Design dengan sampel sebanyak 38 orang. Instrumen yang digunakan yaitu tes gambar. Teknik analisis data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh model pembelajaran bank street dan sentra terhadap sosial emosional anak. Dengan menggunakan bank street, anak lebih aktif, kreatif, tercipta interaksi eduakatif, menumbuhkan rasa ingin tahu, dan mendapat respon positif dari anak.

Jenis Item: Artikel
Subjects: 300 Social sciences > 370 Education > 371 School management; special education > 371.3 Metode, kegiatan belajar mengajar; metode pembelajaran
Divisions: Artikel (Jurnal, Koran, Majalah)
Pengguna yang mendeposit: Ms Novita Sari
Date Deposited: 05 Mar 2021 10:04
Last Modified: 12 Aug 2022 06:12
URI: http://repository.uinsu.ac.id/id/eprint/10910

Actions (login required)

View Item View Item